Sukses

Yamaha DT400 Masuk Daftar Reinkarnasi

Yamaha DT 400 bakal reinkarnasi sebagai scrambler.

Liputan6.com, Tokyo - DT400 merupakan motor garuk tanah bersejarah Yamaha. DT pada dekade 1970-1990 jadi andalan pemotor yang hobi berpetualang di medan off road.

Namun demikian, nasib motor trail pertama ciptaan Yamaha tersebut harus dipensiunkan karena kapasitas mesinnya yang kecil. Yamaha lantas menggantikan DT dengan WR125.

Dilansir Visordown, ketenaran DT400 di kalangan pemotor lantas melandasi Yamaha memasukkan model trail ini ke daftar Yamaha Sport Heritage yang kesepuluh. Kabar baiknya, sinyalemen mengarah jika motor trail tersebut siap dibangkitkan kembali.

"Sekarang kami telah memiliki XSR 700 dan 900. Saya pikir kami bisa melakukan sesuatu (menciptakan model) yang mirip dengan kapasitas yang lebih kecil dan ini bisa menjadi DT. Setelah menciptakan SR 400, membuat motor dengan kapasitas yang sama bisa menarik," kata Shun Miyazawa, Product Manager Yamaha Motor Company ketika meluncurkan XSR900 beberapa waktu lalu.

Penggila deru mesin dan asap harus mengubur mimpi jika DT bakal menggunakan mesin dua tak. Ini disebabkan karena comeback DT400 nantinya bakal disokong mesin satu silinder dengan output 23 Tk milik SR400.

Momentum lahirnya DT400 yang cukup dekat dengan peluncuran Ducati Scrambler Sixty2 dinilai sebagai upaya Yamaha mengekor Ducati dari sisi model. Saat disinggung mengenai kabar itu, Miyazawa pun tidak menanggapinya.

"Jujur kami tidak peduli, selalu ada yang ingin mengatakan jika salah satu menyontek dari orang lain. Jika kami melakukannya maka motor itu mungkin 150 persen lebih menyenangkan dibandingkan scrambler asal Bologna (Scrambler Sixty2)," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini