Sukses

Jurus Ampuh Agar Kendaraan Tak Digasak Bandit

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah pencurian kendaraan bermotor.

Liputan6.com, Jakarta - Pencurian kendaraan bermotor masih sering terjadi. Menurut Subdit Kendaraan Bernomor Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, tahun lalu saja, ada ribuan kendaraan yang digondol bandit di Jakarta.

Kepala Subdit Kendaraan Bernomor Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Komisaris Budi Hermanto, November lalu mengatakan Jakarta Selatan adalah tempat yang paling sering terjadi pencurian kendaraan bermotor.

Di wilayah itu, dari Januari hingga November 2015, tercatat ada sebanyak 433 kasus perncurian, atau setara dengan 21 persen seluruh kejadian pencurian. Menyusul kemudian Jakarta Pusat dengan 322 kasus, dan Jakarta Timur 288 kasus.

Secara keseluruhan, selama 2015 tindak pencurian bisa mencapai 14 kasus dalam sehari. Maka, jika dirata-rata, satu motor hilang per tiga jam.

Melihat statistik itu, tentu sangat direkomendasikan agar pemilik kendaraan bermotor lebih berhati-hati. Langkah preventif harus dilakukan agar pencuri tidak punya kesempatan untuk mencuri kendaraan Anda.

Tentu, sebaiknya lengkapi juga kendaraan dengan piranti pelacak berbasis GPS (global positioning system). Ini berguna agar jika suatu saat kendaraan dicuri, keberadaannya dapat langsung diketahui.

Dengan langkah preventif ini, sangat mungkin bandit akan sulit melancarkan aksi, dan pada akhirnya kendaraan Anda tidak jadi digasak olehnya. Apa saja langkah tersebut? Berikut ulasannya:

Alarm

Alarm akan berfungsi jika ada pergerakan yang tak wajar terjadi peda kendaraan. Tentu ini sangat berguna untuk membuat pencuri kaget sehingga ia tidak jadi melancarkan aksinya. Dengan remote alarm, kita juga dapat memastikan kendaraan masih ada di posisinya hanya melalui suara, tanpa perlu melihatnya langsung.

Keamanan ganda

Salah satu penyebab kemalingan adalah kendaraan tidak dalam posisi aman. Maka dari itu, pastikan jika Anda telah mengunci stir kendaraan, kunci roda atau velg, naikkan slot lubang kunci (pada motor). Intinya, pastikan kendaraan Anda dilengkapi dengan keamanan ganda, tidak hanya mengandalkan satu alat saja.

Chip kontak

Teknologi ini pada dasarnya adalah sebuah sensor di bagian kunci kontak. Kendaraan baru akan hidup mesinnya ketika kunci yang digunakan adalah yang memiliki chip. Selain itu, mesin tidak akan hidup sama sekali. Tapi memang, alat ini baru ada di mobil saja. Belum ada di kendaraan roda dua.

Posisi kendaraan

Pastikan bahwa kendaraan Anda terjangkau penglihatan, seandainya memarkir di tempat umum atau di dalam rumah, tetapi tidak di dalam garasi. Pastikan pula tidak memarkir terlalu dekat dengan pagar keluar, karena bandit akan lebih mudah melancarkan aksi jahatnya.

Peduli dengan lingkungan sekitar

Sering kali pencurian terjadi karena tidak ada interaksi antara tetangga. Sehingga jika ada orang yang sedang mengotak-atik kendaraan dibiarkan saja, padahal bisa jadi ia adalah bandit. Untuk itu, sebaiknya juga bersosialisasi dengan masyarakat sekitar tempat tinggal. Pastikan satu sama lain saling kenal, dan mengetahui kendaraan apa yang biasanya digunakan masing-masing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.