Sukses

Modus Pencurian Mobil dengan Koin, Ini Kata Ahli

Salah satu modus pencurian mobil yang baru-baru ini hangat dibicarakan adalah pencuri mengganjal gagang pintu dengan koin.

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu modus pencurian mobil yang baru-baru ini hangat dibicarakan adalah pencuri mengganjal gagang pintu dengan koin. Dengan trik ini, maling bisa dengan mudah membuka pintu saat pengemudi tidak ada, dan mobil terparkir di tempat umum.

Dadi Hendriadi, Division Head, Technical Service Division PT Toyota-Astra Motor (TAM), mengatakan bahwa trik ini memang mungkin berhasil membuat pintu tidak terkunci sebagaimana mestinya. "Mungkin seperti mengganjal mekanisme door lock di pintu tersebut," ujar Dadi kepada Liputan6.com, Minggu (14/2/2016).

Meski demikian, memang tidak semua kendaraan bisa digagalkan mekanisme pengunciannya dengan koin. Di Forum Liputan6.com, salah satu user menceritakan Toyota Innova tidak mempan sabotase semacam ini.

Hal yang sama dibenarkan Dadi. "Rasanya itu juga tergantung dari model dan mekanisme penguncian pintunya," tambahnya.

Meski mengaku belum mengujinya langsung, Dadi meyakini jika maling selalu mencari cara untuk membobol mobil. Ia mencontohkan, saat ini telah ada beberapa kasus di mana maling bisa memecahkan kaca tanpa membuat alarm menyala dengan menggunakan busi.

Dadi mengingatkan, sebaik apapun sistem pengaman di mobil, maling akan selalu cari cara. "Karena itu pencegahan yang saya sebut tadi lebih penting daripada fitur pengaman di mobil."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini