Sukses

Toyota RAV4 Bakal Punya Varian TRD?

Toyota dikabarkan akan memproduksi RAV4 versi TRD yang lebih mumpuni dibanding versi standar.

Liputan6.com, Chicago - Toyota dikabarkan akan memproduksi RAV4 versi performance. RAV4 yang lebih kuat ini dikatakan akan mendapat sentuhan dari Toyota Racing Development (TRD), divisi khusus yang menangani peningkatan performa mobil-mobil Toyota.

Berbincang dengan majalah Automobile Magazine di Chicago Auto Show, Bill Fay selaku Vice President and General Manager Toyota Motor Sales (TMS) Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa RAV4 baru ini terinspirasi dari mobil reli.

Tentu ini bukanlah konfirmasi langsung dari Toyota. Tapi, komentar yang datang dari seorang yang punya jabatan seperti Fay hampir dapat dipastikan akan menjadi kenyataan.

Ia berharap, "sihir TRD racing bisa menetes ke bawah untuk produksi spesial RAV4. Itu akan mengagumkan" ujar Fay, dikutip dari Road and Track, Senin (15/2/2016).

Sebelumnya Toyota memang telah memiliki versi reli dari RAV4 yang dibangun oleh builder Ryan Millen. Pada mobil modifikasi ini, RAV4 ditambahkan drivetrain dan suspensi yang lebih kokoh. Fay mengatakan bahwa RAV4 TRD mengambil inspirasi dari sana.

Menurut sumber yang sama, jika Toyota jadi memproduksi RAV4 TRD ini, maka sangat mungkin ia akan diikuti oleh pabrikan lain. Pasalnya, sejauh ini belum ada pabrikan di AS yang menawarkan versi performance untuk segmen kompak crossover.

Laman Worldcarfans memprediksi, RAV4 TRD ini akan dibanderol dengan harga jauh di atas US$ 30 ribu atau sekira Rp 402,3 juta. "Memperhitungkan harga RAV4 SE sporty 2016 dimulai dengan harga dasar US$ 29.265," tulis mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.