Sukses

Mengintip Mewahnya Mobil Dinas Penguasa di 5 Negara Berkembang

Liputan6.com, Jakarta - Mobil kenegaraan tidak hanya semata digunakan sebagai kendaraan dinas kepala negara. Fungsi lain dari mobil kenegaraan yaitu jadi simbol prestise.

Ini yang jadi salah satu alasan negara-negara berkembang berusaha menggunakan merek kelas atas untuk mobil pemimpin negaranya. Biasanya, protokoler memesan secara khusus mobil untuk kepala negara menggunakan varian tertinggi dari merek itu.

Mobil seperti ini memiliki interior yang sangat nyaman dan didukung tingkat keamanan terbaik layaknya `istana berjalan.` Tidak heran protokoler harus menggelontorkan dana tinggi demi mobil pemimpin negaranya.

Berikut ini daftar mobil mahal tunggangan penguasa negara berkembang sebagaimana dilansir The Richest:

1. Kenya - Mercedes-Benz Pullman S600 Rp 670,99 jutaan

Anda pasti tidak menyangka jika negara seperti Kenya menggunakan limousine sebagai mobil kepresidenan. Ya, kepala negara yang terletak di pesisir Afrika Timur ini menggunakan Mercedes-Benz Pullman S600 seharga US$ 50 ribu atau sekira Rp 670,99 jutaan.

Kendaraan eksekutif super mahal ini menjadi simbol prestise penguasa Kenya. Sebagai mobil kenegaraan, S600 Pullman dibangun dengan eksterior lapis baja.

Limousine ini juga didukung suspensi double wishbone pada roda depan sehingga memungkinkan pengendalian yang halus. Sumber tenaga Pullman S600 berasal dari mesin V8 6,3 liter yang sanggup membuat mobil dipacu hingga 220 km/jam.

1 dari 3 halaman

Uzbekistan - Maroko

2. Uzbekistan – Range Rover Supercharged Rp 1,38 miliar

Negara berkembang selanjutnya yang menggunakan mobil kelas atas sebagai kendaraan dinas penguasanya yaitu Uzbekistan. Negara yang masih termasuk wilayah Timur Tengah ini mempercayakan Range Rover Supercharged.

Tentu saja, penggunaan sport utility vehicle (SUV) sebagai mobil kenegaraan dimaksudkan karena kemampuan mumpuni Range Rover melahap segala medan. Selain itu, Range Rover juga dikenal sebagai mobil yang memberi kenyamanan terbaik bagi penumpang.

Land Rover sebagai produsen membangun eksterior mobil seharga $103,195 atau sekira Rp 1,38 miliar dengan lapisan baja yang sanggup menahan peluru dan tembakan lain. Sementara itu, mesin telah didukung supercarged yang memberi tenaga buas namun suaranya tetap halus.

3. Maroko – Mercedes-Benz 600 Pullman Rp 1,61 miliar

Foto: Therichest

Maroko jadi negara Afrika lainnya yang menggunakan limousine Mercedes-Benz Pullman sebagai kendaraan bagi Raja Hassan II. Bedanya, negara di kawasan Afrika Utara ini menggunakan keluaran lawas.

Sekalipun tua, mobil ini harganya cukup fantastis. Mercedes selaku produsen melabeli 600 Pullman seharga $120,384 atau sekira Rp 1,61 miliar. Mobil ini masih mampu mendongkrak prestise di antara model-model baru.

Keunggulan yang ada dibalik mobil yang diproduksi pada dekade 1960-an yaitu sistem hidrolik berteknologi tinggi untuk power window, sunroof, hingga tenaga pintu otomatis. Selain itu, limousine ini didukung suspensi udara adjustable yang mampu meredam dengan baik segala permukaan jalan. Di balik kapnya, tersimpan mesin V8 6,3 liter SOHC dengan sistem injeksi mekanis dari Bosch.

2 dari 3 halaman

Brunei Darussalam - India

4. Brunei Darussalam - Rolls Royce Phantom VI Rp 1,99 miliar

Sultan Brunei mempercayakan kendaraan dinasnya kepada Rolls Royce Phantom VI. Pilihan ini sangat istimewa karena mobil seharga US$148,645 atau 1,99 miliar ini tidak hanya bertenaga tetapi juga memesona.

Phantom VI adalah mobil terakhir yang diproduksi pabrikan asal Inggris yang menganut sasis terpisah dan per keong. Sumber tenaga mobil super mewah ini berasal dari mesin V8 yang dikawinkan transmisi otomatis empat percepatan.

Selain Sultan Brunei, Phantom VI juga jadi kendaraan resmi Shah of Iran, Mohammad Reza Pahlavi hingga Kate Middleton setelah menikahi Pangeran William.

5. India - Mercedes-Benz S600 Pullman Guard Rp 2,41 miliar

Foto: Therichest

Perdana Menteri India, Narendra Modi, mendapat keistimewaan melalui kendaraan dinas Mercedes-Benz S600 Pullman Guard. Limousine ini dilengkapi dengan kursi mewah dengan pelapis jok yang lembut.

Keunggulan mobil seharga US$ 180 ribu atau Rp 2,41 miliar ini adanya sekat pada kabin penumpang. Sekat ini dimaksudkan untuk memberi privasi bagi Modi selama perjalanan.

Mercy ini juga mumpuni dari sisi proteksi. Bodi mobil berlapis besi anti peluru yang sangat tebal. Lapisan ini sanggup menahan ledakan granat atau peluru yang dimuntahkan AK 47.

Artikel Selanjutnya
Alasan Toyota Ngotot Pamer Hybrid di Indonesia
Artikel Selanjutnya
Mobil Kuno Sukarno dan Fatmawati Pukau Pengunjung