Sukses

Yamaha Byson Tiba-tiba Hilang Tenaga, Ini Penyebabnya

Penyebab Yamaha Byson hilang tenaga atau ngempos ternyata karena adannya masalah pada katup.

Liputan6.com, Depok - Salah satu masalah yang paling sering dikeluhkan pemilik Yamaha Byson karburator adalah tenaga yang tiba-hilang. Hal ini tentu sangat berbahaya, apalagi jika kendaraan sedang dipacu di kecepatan tinggi. Lantas, kenapa ini bisa terjadi?

Menurut Misan, mekanik senior di bengkel Adolina Motor Sport yang terletak di Jalan Palakai Raya Nomor 21 Kukusan, Beji, Depok, penyebab tunggal Byson hilang tenaga (ngempos) terletak pada klep atau katup (valve).

"Penyebab Byson karburator hilang tenaga adalah klep sudah mulai longgar atau bocor, khususnya klep minyak. Klep itu kan tempat masuk bahan bakar dan udara, sehingga kalau bocor, pengapiannya tidak maksimal," ujarnya kepada Liputan6.com, Senin (22/2/2016).

Katup, lanjutnya, terdiri dari dua, yakni katup in dan ex. Katup in berfungsi untuk membuka dan menutup pintu saluran masuk gas baru dari karburator ke ruang bakar dan silinder, serta klep ex berfungsi membuka dan menutup saluran gas buang.

Misan mengatakan, kerusakan pada klep ini disebabkan oleh dua hal. Pertama memang masalah usia, dan yang kedua penggunaan bahan bakar yang jelek.

"Bahan bakar yang jelek (Premium) kan nantinya lama-lama menghasilkan kerak. Nah kerak ini bisa jadi celah sehingga klep tidak menutup dan membuka dengan rapat," kata dia.

Karena masalahnya terletak pada klep, maka solusinya juga memperbaiki bagian itu. "Solusinya di 'skir klep'. Itu kan pembukaannya sudah tidak rata, di skir itu diratakan. Tapi kalau sudah benar-benar rusak, klepnya harus diganti," tutur Misan.

Menyoal biaya, Misan mengatakan biaya jasa skir klep Rp 70 ribu. Jika harus diganti, biaya yang ditanggung konsumen berkisar antara Rp 185 ribu. "Itu satu set (dua buah), karena tidak bisa ganti hanya satu klep saja," katanya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.