Sukses

Trik Dongkrak Performa Yamaha Byson

Untuk mendokrak performa Yamaha Byson, ada dua hal yang bisa dilakukan, yakni bore up dan bubut.

Liputan6.com, Depok - Meski Yamaha Byson memiliki desain body yang gahar dan kekar, dari segi performa sepeda motor ini terbilang lelet. Lantas, adakah cara yang bisa dilakukan pemilik motor bergaya sport ini agar tunggangannya juga gahar dari segi performa?

Misan, mekanik senior di bengkel Adolina Motor Sport mengatakan ada dua cara utama yang bisa dilakukan. Dua cara itu adalah bore up dan bubut.

Misan menjelaskan, bore up pada dasarnya adalah pelebaran diameter silinder piston untuk memperbesar kapasitas mesin. Dengan begitu, tenaga yang dihasilkan juga semakin besar.

"Contoh, diameter Byson kalau tidak salah standarnya 58 mm, bisa dinaikkan jadi 62 mm.  Kalau pakai seher Honda Tiger, cc nya bisa sampai 225 cc," ujar Misan kepada Liputan6.com, di Depok, Senin (22/2/2016).

Cara kedua adalah bubut. Berbeda dengan bore up yang mesti mengoprek silinder, bubut hanya perlu memapas atau menipiskan kepala silider, misalkan dari 1 mm menjadi 0,8 atau 0,5 mm.

Menurut mekanik itu, cara tersebut dapat membuat kompresi lebih padat. Jika kompresi padat, pembakaran di ruang bakar pun bisa lebih cepat. "'Tendangannya' lebih mantap. Kompresi standar Byson hampir 13, kalau dibubut bisa jadi 17," terang Misan.

Misan menjelaskan, dua cara utama ini bisa diterapkan sekaligus, atau bisa juga pilih salah satunya saja.

Untuk masalah biaya, di bengkel Adolina, bore up dikenakan biaya Rp 900 ribu. Harga itu sudah termasuk penggantian seher. Sementara untuk bubut biaya yang dikenakan sepertiganya, atau kurang lebih Rp 300 ribuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini