Sukses

Rincian Biaya Perawatan Yamaha Byson

Berikut rician servis ringan dan berat Yamaha Byson.

Liputan6.com, Depok - Perawatan sepeda motor terdiri dari servis ringan dan berat. Hal ini dilakukan agar kinerja sepeda motor tetap optimal dan tidak cepat rusak. Lantas, berapa biaya yang dikeluarkan untuk dua jenis servis ini?

Ambil contoh Yamaha Byson. Servis ringan sepeda motor berdesain kekar ini tidak terlalu mahal, yaitu sekira Rp 30 ribu saja. Ini sudah termasuk pembersihan filter udara dan busi, serta pengecekan karburator.

Rincian tersebut diungkapkan oleh Misan, mekanik senior Adolina Motor Sport di Jalan Palakai Raya Nomor 21 Kukusan, Beji, Depok. Menurutnya, servis kecil ini harus dilakukan reguler per 1.500 km.

"Biaya tersebut hanya ongkos servis. Kalau penggantian, di sini filter udara harganya Rp 45 ribu, lalu busi Rp 25 ribu. Baiknya sambil ganti oli juga per 1.500 km," ujarnya.

Sementara servis berat, menurut Misan, sudah termasuk skir klep (meratakan klep agar presisi kembali) dan pengecekan piston. Adapun jangka waktu perawatan besar sebaiknya satu tahun sekali.

"Kalau ukurannya sekian ribu km tidak menentu. Sebab ini juga tergantung cara pakai orangnya. Jadi sebaiknya setahun sekali. Tapi itu juga tergantung keadaan motor. Misalnya jika ada asap hitam keluar, itu juga harus servis besar karena pasti ada yang bocor," Misan menambahkan.

Untuk harga, di Adolina Motor Sport biaya jasa skir klep adalah Rp 70 ribu, sementara penggantian piston dibanderol Rp 285 ribu. "Itu sudah termasuk penggantian ring piston-nya," kata Misan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini