Sukses

Cara Mudah Menjaga Kondisi Sistem Pengapian Saat Musim Hujan

Liputan6.com, Jakarta Bagian yang paling rawan terganggu saat musim hujan adalah komponen pengapian. Ini disebabkan karena pada beberapa jenis motor seperti bebek dan skutik memiliki bentuk blok mesin horizontal.

Layout mesin tersebut membuat cangklong busi riskan terkena cipratan air. Kondisi seperti ini berpotensi membuat motor mogok tiba-tiba.Muhammad Haris dari Aris Motor menjelaskan jika bagianpengapian harus dilindungi secara maksimal saat musim hujan.

"Sambungan kabel dari koil ke cangklong di tutup lakban biar gak masuk air. Lebih bagus lagi kalau dilapis pakai sealant buat  akuarium," kata pria dengan sapaan Aris itu pada Liputan6.com.

Ia menjelaskan jika ciprat air sebenarnya sulit masuk ke dalam mesin melalui sela-sela busi. Agar arus listrik dari koil tetap terdistribusi dengan baik maka kondisi cangklong busi juga jangan sampai usang.

"Kalau cangklong yang masih bagus itu sebenarnya enggak gampang kemasukan air di sambungan dari kabelnya," kata dia.

Namun demikian, apabila sela-sela cangklong dan kabel koil terlanjur terkena  air, cara mengatasinya cukup mudah. Pria berkumis ini berujar kalau kabel cukup dilepas dari cangklong untuk dibersihkan.

"Seandainya kemasukan air, buka kabelnya terus bersihkan sisa-sisa air yang merembes sampai di kabel sampai kering. Jangan lupa ujung elektroda di cangklong juga dikeringkan dengan cara ditiup sambil di keplek-keplek (dikibas) supaya sisa air di dalamnya keluar semua, kemudian di pasang lagi seperti semula," tuturnya.