Sukses

Mesin Baru Toyota Buatan Karawang Diekspor ke 5 Negara

Mesin 1.3 liter dan 1.5 liter berkode R-NR tidak hanya untuk pasar domestik tetapi juga bakal diekspor.

Liputan6.com, Karawang - Mesin 1.3 liter dan 1.5 liter berkode R-NR yang diproduksi PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) di Plant 3 Karawang tidak hanya untuk pasar domestik tetapi juga bakal diekspor.

Presiden Direktur TMMIN M. Nonami mengatakan, mesin ini akan diekspor kelima negara di Asia. Sayangnya ia enggan menyebut secara rinci negara yang dituju.

Di tahun ini, TMMIN berencana untuk mengekspor 79.000 mesin R-NR. Sementara kapasitas produksi pabrik ini mencapai 216 ribu unit per tahun.

Senior Managing Officer (SMO) Toyota Motor Corporation (TMC) K. Saga menyebut, Toyota memposisikan Indonesia sebagai basis produksi dan pemasok utama tidak hanya untuk kendaraan, namun juga untuk mesin.

"Kami telah melakukan bisnis di Indonesia selama 45 tahun dan kami yakin pada kemampuan Toyota Indonesia untuk memenuhi tuntutan baik dari pasar otomotif domestik maupun global," ujarnya.

Sebagai informasi, TMMIN juga telah mengekspor mesin bensin TR yang diproduksi di Pabrik Mesin Sunter ke-12 negara di Asia, Afrika, dan Amerika Latin. Dalam 5 tahun terakhir, sekira 51.500 mesin TR diekspor setiap tahunnya.

Sementara itu, ekspor kendaraan Toyota dimulai pada tahun 1987 dengan Kijang Generasi Ketiga ke negara-negara di ASEAN dan Asia Pasifik. Tahun lalu, ekspor Kijang Innova, Fortuner, Vios, Yaris, Avanza, Rush, dan Agya ke negara-negara di Asia, Afrika, Amerika Latin, Timur Tengah, dan Pasifik mencapai 176.700 unit yang merupakan pencapaian volume tertinggi bagi Toyota Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.