Sukses

Inilah Mobil Terbaik Eropa Tahun Ini

Opel Astra berhasil mendapat penghargaan sebagai mobil terbaik di Eropa 2016.

Liputan6.com, Jenewa - Opel Astra berhasil mendapat penghargaan sebagai mobil terbaik di Eropa 2016. Penghargaan ini diberikan oleh tim juri dari European Car of the Year di ajang otomotif kelas dunia, Geneva Motor Show.

Menurut laman resminya (caroftheyear.org), Opel Astra mendapat poin sebanyak 309. Jumlah ini hanya berbeda tipis dari Volvo XC90 yang berada di posisi kedua dengan 294 poin. Di posisi ketiga, ada Mazda MX-5 Miata yang poinnya hanya 202.

Poin ini diperoleh dari total 58 juri yang ikut berpartisipasi. Sebagian besar dari mereka merupakan wartawan otomotif yang berasal dari 22 negara Eropa.

Para juri memuji konstruksi ringan mobil ini. Mereka juga terkesan dengan lengkapnya relatif keselamatan standar di Opel Astra. Selain itu, harga yang relatif lebih murah juga jadi pertimbangan. Sebagai pembanding, Opel Astra harganya 17.260 euro, sementara Volvo XC90 harganya jauh lebih mahal, 39.896 euro.

Dikatakan, sebelum masuk ke babak final/penjurian, ada 40an kendaraan yang terpaksa tersisih, termasuk Audi A4, BMW 7-Series, Jaguar XE, dan Skoda Superb. Mereka tidak berhasil melewati seleksi tahap awal.

Beberapa syarat yang saat itu harus dipenuhi adalah kendaraan harus baru, tersedia minimal di lima negara Eropa, serta prospek penjualan setidaknya 5.000 per tahun. Syarat terakhir membuat banyak supercar eksotis harus rela tersingkir.

Dengan penghargaan ini, Opel telah mencatatkan kemenangan sebanyak lima kali, sejak penghargaan European Car of the Year dimulai 52 tahun yang lalu ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini