Sukses

Nissan Navara Produksi Thailand Bermasalah

Nissan Motor Australia telah mengeluarkan perintah recall terhadap 41.373 unit Navara yang diproduksi di Thailand antara 2008-2014.

Liputan6.com, Sydney - Nissan Motor Australia mengeluarkan perintah penarikan kembali (recall) terhadap 41.373 unit Navara yang diproduksi di Thailand antara 2008 hingga 2014. Penarikan disebabkan karena model ini masih menggunakan airbag dari Takata Corp yang bermasalah.

Dalam pengumuman penarikannya, Nissan mengatakan airbag Takata melontarkan logam ketika mengembang. Logam-logam ini berpotensi menyebabkan cedera serius, bahkan hingga kematian sebagaimana telah terjadi di beberapa negara. 

Dikatakan, recall di Negeri Kanguru itu akan mempengaruhi model yang memiliki Vehicle Identification Number (VIN) dimulai dengan huruf `NMT`, antara MNT*C*D40A0000009 hingga MNT*C*D40A0603279. Meskipun begitu, tidak semua mobil yang ada di rentan tersebut pasti akan ditarik.

Pemilik Navara akan dihubungi Nissan. Mereka diharuskan membawa kendaraan mereka ke dealer terdekat untuk penggantian airbag. Seluruh prosesnya tidak dikenakan biaya.

Untuk diketahui, recall karena airbag Takata telah mempengaruhi lebih dari 53 juta kendaraan di seluruh dunia. Sebagian besar pabrikan yang eksis mengalami masalah karenanya, termasuk Honda, Toyota, BMW, Mazda, hingga Mercedes-Benz.

Untuk diketahui, Navara mulai diproduksi di pabrik kedua Nissan di Thailand sejak 2014 lalu. Fasilitas produksi itu, dua tahun lalu, bertanggung jawab memasok Navara ke-45 negara di seluruh dunia. Sangat mungkin jumlah ini makin banyak sekarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini