Sukses

Suzuki Mulai Rakit Motor Buasnya di Luar Jepang

Suzuki India telah resmi memulai perakitan sepeda motor yang diproduksi massal tercepat di dunia, Suzuki Hayabusa.

Liputan6.com, Haryana - Suzuki Motorcycle India Private Limited (SMIPL), anak perusahaan Suzuki India, secara resmi memulai perakitan sepeda motor tercepat di dunia yang diproduksi massal, Suzuki Hayabusa. Perakitan dilakukan di pabrik Gurgaon, Haryana, India.

Melansir India today, Suzuki Hayabusa akan diimpor secara CKD (completely knocked down). Kemudian, sepeda motor dengan kecepatan maksimal hampir 300 km/jam ini akan dirakit di pabrik tersebut.

Suzuki India mengatakan, meski didatangkan secara CKD, spesifikasi sepeda motor ini tidak akan berbeda dengan unit yang didatangkan dengan cara CBU (completely built up), sebagaimana yang telah dilakukan selama ini. 

Dengan demikian, sepeda motor ini masih menggunakan mesin berkapasitas 1.340 cc 4-stroke inline-four, liquid-cooled, DOHC, 16-valve. Tenaga yang dihasilkannya mencapai 197 Tk dan torsi 138,7 Nm.

Kenji Hirozawa, Vice President Sales & Marketing SMIPL, mengatakan India adalah salah satu negara produsen sepeda motor terbesar di dunia. Hal itu mengindikasikan pasar negara tersebut sangat besar, juga semakin modernnya gaya hidup masyarakatnya.

"Ada peningkatan permintaan untuk big bike. SMIPL harus memenuhi ini dengan memulai perakitan motor besar terlaris kami, Suzuki Hayabusa," ujar Hirozawa.

Suzuki Hayabusa akan tersedia di dealer Suzuki Big Bike pada Maret nanti. Harga yang dipatok untuk satu unit Hayabusa adalah INR 1.357.135 atau sekira Rp 265,78 juta. Ini lebih murah dibanding saat didatangkan secara utuh, yaitu sekira Rp 311 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.