Sukses

Karya Indonesia, Motor Listrik Garansindo Harganya Rp 15 Juta

Motor listrik yang lahir berkat kerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu mulai diniagakan pada 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Garansindo Group berencana memproduksi sepeda motor listrik pada 2017. Jika tak ada aral melintang motor yang lahir berkat kerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu mulai diniagakan pada 2018.

Kepada Liputan6.com, CEO Garansindo Muhammad Al Abdullah mengatakan harga sepeda motor besutannya akan mengikuti pasar. Sebagaimana diketahui pasar didominasi dengan model yang dibanderol di bawah Rp 20 juta. "Mungkin sekira Rp 15-18 juta," dia mengungkapkan.

Untuk menggarap sepeda motor listrik itu, Garansindo merangkul sejumlah mitra lokal. Ia menyebut akan membuat fasilitas produksi di daerah Jabodetabek.

"Pakai teknologi anak bangsa dengan menggandeng mintra prinsipal yang sudah bekerja sama dengan Garansindo (seperti Zero Motorcycle)," tutur pria yang karib disapa Memet itu.

Tahap uji coba

Muhammad Nur Yuniarto yang menjadi lead proyek pengembangan motor listrik itu mengatakan, motor masih dalam bentuk prototipe dan siap diuji jalan. Menurut dia, hasil tes dari komponen utama di laboratorium cukup memuaskan.

"Untuk membuktikan andal atau tidaknya motor ini. Kami siap mengujinya sejauh 3 ribu kilometer," katanya.

Berbicara soal spesifikasi, motor listrik ini menggendong motor listrik 5 kW yang menjanjikan kecepatan maksimum 100 km/jam. "Motor listrik ini setara mesin bensin berkapasitas 110 cc," kata dia.

Untuk baterainya, motor yang belum diketahui namanya ini mengemas kapasitas 7 kWh. Di atas kertas, baterainya bisa diandalkan untuk jarak 90-100 km dalam satu kali pengisian penuh.

"Mengisi baterai untuk normal charging empat jam. Tapi bila pakai daya yang lebih besar bisa 1,5 jam," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini