Sukses

Adik Kawasaki Ninja H2 Bernama R2

Ninja R2 diprediksi bakal terinspirasi dari H2 dipadu bahasa desain masa depan Kawasaki

Liputan6.com, Tokyo - Kawasaki dikabarkan menyiapkan adik dari superbike Ninja H2 yang didukung mesin lebih kecil. Motor sport yang kabarnya bakal dinamai Ninja R2 tersebut bakal menggendong mesin 800 cc supercharged.

Dilansir Motorcyclenews, Ninja R2 memiliki prospek yang menjanjikan berbekal teknologi mesin supercharged. Pabrikan yang identik dengan kelir hijau tersebut bisa secara maksimal mengembangkan performa tanpa perlu melanggar batas kapasitas maksimum mesin yang digunakan untuk homologasi balap.

Penamaan R2 sebagai calon adik H2 karena mengacu model sebelumnya. Motor ini akan dinamai R2 untuk versi biasa dan R2R untuk tipe performa tinggi seperti yang dilakukan Kawasaki pada H2 dan H2R.

Menyoal desain, Ninja R2 diprediksi bakal terinspirasi dari H2 dipadu bahasa desain masa depan Kawasaki sebagai pemanis. Ini terlihat dari bentuk headlamp yang sipit dengan garis-garis sudut pada fairing yang lebih tegas.

Jika mengukur performa yang dihasilkan, motor 800 cc supercharged bakal memiliki kemampuan setara dengan superbike bermesin 1.000 cc naturally aspirated. Selain itu, harga yang ditawarkan nantinya akan jauh lebih terjangkau daripada H2.

Menurut sumber internal pabrikan menyebut jika 800 cc jadi kapasitas mesin yang rasional untuk model terbaru yang disiapkan. Adapun motor dengan mesin dengan kapasitas yang lebih kecil ke depannya juga dapat direalisasikan. Bilamana tidak disokong supercharged, maka harga Ninja R2 diproyeksi mendekati motor sport empat silinder 600 cc.

Sayangnya, waktu peluncuran dari Ninja R2 masih jadi misteri. Menurut perkiraan yang diambil dari waktu pengajuan hak paten nama, Ninja R2 paling cepat meluncur pada akhir 2016, sedangkan momentum peluncuran yang ideal dilakukan pada 2017.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini