Sukses

Mantan Pangdam Diponegoro Buka Galeri Otomotif di Lembang

Mobil antik sampai dengan diecast dan pernak-pernik lainnya yang jumlahnya mencapai sekira seribu item.

Liputan6.com, Bandung - Usia senja tidak menyurutkan Letjen TNI Purn. RH. Soeyono S.E melakoni hobi otomotif. Bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-73, mantan Pangdam Diponegoro tersebut meresmikan Galeri Soeyono di Lembang, Bandung.

Galeri ini memamerkan segala pernak pernik bertemakan otomotif. "Saya membuat galeri ini khususunya untuk kepentingan pribadi. Setelah pensiun untuk mengisi kegiatan antara lain di sini," kata mantan Ajudan Presiden Soeharto itu pada Liputan6.com, Minggu (13/3/2016).

Mulai dari mobil antik sampai dengan diecast dan pernak-pernik lainnya yang jumlahnya mencapai sekira seribu item terkumpul jadi satu. Khusus koleksi kendaraan yang dimiliki oleh Soeyono sebanyak 40 unit.

Tujuan utama dibukanya Galeri Soeyono ini untuk menginspirasi generasi muda tidak lalai terhadap sejarah terutama otomotif.

"Saya sebetulnya untuk menginspirasi khususnya generasi muda tidak hilang rasa pelestariannya. Saya pecinta otomotif tapi bukan mengkhususkan diri. Saya punya koleksi mainan, ada jam, radio, pokoknya serba otomotif tapi tidak mengkhususkan pada yang spesial," lanjutnya.

Saat ini galeri tersebut masih belum dibuka untuk umum. Ia berharap kedepannya Galeri Soeyono bisa dinikmati khalayak setelah persiapannya rampung.

"Syukur suatu saat nanti ditingkatkan untuk publik, tapi saat ini saya belum ada arah kesana," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.