Sukses

Motor Karatan Keren dari Depok

Sebuah Honda Tiger dimodifikasi, bodynya menjadi berkarat, tetapi terlihat keren.

Liputan6.com, Jakarta - Karat biasanya identik dengan barang jadul dan tak terawat. Tapi, bengkel modifikasi bernama Street Art Custom yang terletak di Depok, Jawa Barat, justru membuat motor berkarat jadi keren.

"Karatnya ini memang disengajain," ujar Hermanto, karyawan Street Art Custom kepada Liputan6.com, di kawasan Gelora Bung Karno belum lama ini.

Beberapa bagian dari bodi motor seperti tanki bensin dan spakbor dibiarkan berkarat. Sementara rangkanya telah dipapas, hanya mesinnya saja yang masih dipertahankan.

Hermanto menjelaskan bagaimana cara membuat karat di motor ini. Pertama-tama, body motor dilepas, lalu dihujankan. "Dua minggu waktunya. Setelah itu diamplas sampai halus di bagian atas tanki. Sementara yang karat tidak diamplas," jelasnya.

Bagian yang telah berkarat ini kemudian langsung dilapisi oleh pernis. "Tapi pernisnya jangan dicampur hardner. Disemprot saja lalu didiamkan," tambahnya.

Setelah disemprot, maka langkah selanjutnya adalah mengeringkannya. Hermanto mengatakan bahwa sebaiknya pengeringan dilakukan di ruangan tertutup agar lapisan body tidak terkena debu dan kotoran lain.

Lama waktu pengerjaan Honda Tiger karat ini adalah tiga minggu. Sementara biaya yang dihabiskan mencapai puluhan juta. "Kurang tahu persis (harga) nya. Tapi kalau tidak salah Rp 30an juta," terang Hermanto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini