Sukses

Alarm Mobil Berbunyi Sendiri, Apa Penyebabnya?

Ada beberapa penyebab mengapa alarm mobil berbunyi sendiri. Salah satunya adalah karena sensor getar terlalu sensitif.

Liputan6.com, Depok - Pernahkah Anda melihat mobil yang alarmnya tiba-tiba berbunyi tanpa ada sebab apapun? Atau justru Anda sendiri pernah mengalaminya? Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Ada beberapa penjelasan untuk itu.

Pertama, alarm berbunyi sendiri karena sensor getar yang terlalu sensitif. Sensor getar akan membunyikan sirine ketika ada getaran di sekitar mobil. Masalahnya, jika terlalu sensitif, maka getaran sekecil apapun bisa membunyikan alarm.

"Kendalanya banyak (alarm berbunyi sendiri). Bisa karena sensor getar terlalu sensitif," ujar Acoy, owner bengkel spesialis Garuda Djaya yang terletak di bilangan Jalan Raya Bogor kepada Liputan6.com.

Untuk mengatasi masalah ini, ujar Acoy, adalah dengan mengatur sensitivitas sensor getar yang terdapat pada remote control. "Sensor getar terlalu sensitif itu bisa disetel sebetulnya. Bisa disetel, bahkan bisa sampai dimatikan," ujar Acoy.

Penyebab lainnya adalah kepekaan sensor pintu. Untuk diketahui, alarm biasanya juga akan berbunyi jika pintu dibuka tanpa menggunakan remote control. Remote control terhubung dengan switch pintu, bagasi, dan kap mesin.

Jadi, penyebab lain alarm nyala sendiri adalah pintu tidak tertutup rapat karena switch pintu sudah rusak. "Penyebab utamanya dua hal itu. Itu biasanya alarm dari pabrikan," terang Acoy.

Untuk jenis mobil tertentu, biasanya dua penyebab ini bisa diatasi dengan cara menekan tombol off. Tapi di mobil-mobil standar seperti Toyota Avanza, fitur ini tidak tersedia. "Jadi bisa juga dengan cara copot sekring alarm atau copot aki. Cuma ini tidak semua orang tahu. Jadi memang repot," tutup Acoy.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini