Sukses

Pabrik Daihatsu Sunter Kalahkan Inggris dan Turki

Pabrik Astra Daihatsu Motor (ADM) yang terletak di Sunter, Jakarta, ada di kelas tertinggi dibandingkan dengan seluruh pabrik Daihatsu.

Liputan6.com, Jakarta - Pabrik Astra Daihatsu Motor (ADM) yang terletak di Sunter, Jakarta, ada di kelas tertinggi dibandingkan dengan seluruh pabrik Daihatsu di seluruh dunia. Hal ini diungkapkan oleh Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT ADM.

"Karena kami bagian dari grup Toyota, kami pernah diaudit oleh mereka, hasilnya bagus. Kami menang diadu sama Toyota global, misalnya pabrik di Inggris dan Turki," ujarnya di sela konferensi pers `How to Make a Car,` Rabu (16/3/2016).

Menurutnya, kelebihan dari Sunter Assembly Plant (SAP) adalah proses produksi yang rumit, apalagi dengan luas lahan yang hanya 12,7 hektar. SAP bahkan bisa memproduksi mobil yang lebih banyak dibanding Karawang Assembly Plant (KAP) yang luasnya lebih besar.

Dengan luas yang sempit itu, Amel menjelaskan, produksi satu mobil tidak dilakukan dalam satu 'line' maju, tetapi bisa juga secara vertikal, dan bahkan mundur. "Dalam satu line juga tidak hanya buat satu model, tapi beda model dan beda warna juga," tambah Amel.

Untuk diketahui, SAP memproduksi mobil sebanyak 330 ribu unit per tahun, dengan rata-rata produksi durasinya 69 detik per unit, atau 700 unit per hari (dua shift; siang dan malam). Sementara KAP kapasitas produksinya hanya sebanyak 200 ribu unit per tahun.

Untuk model-model yang diproduksi, di SAP Daihatsu membuat Gran Max, Terios, Xenia, dan Luxio. Sementara di KAP ada model-model seperti Ayla dan Agya.

Kelebihan kedua adalah batas toleransi kesalahan. Salah satu administrator pabrik mengatakan, batas toleransi yang diizinkan adalah lima persen. Artinya, 95 persen mobil yang dihasilkan harus benar-benar tanpa cacat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.