Sukses

Restorasi N600, Mobil Honda Pertama di AS

Honda N600 hanya tiga yang masih tersisa hingga saat ini.

California Pasar Amerika Serikat selalu menjanjikan bagi para pelaku industri otomotif. Berbagai pabrikan berbondong-bondong datang mencoba peruntungan memasarkan kendaraan di AS.

Honda jadi salah satu pabrikan luar yang mencoba peruntungan itu. Perusahaan yang didirikan oleh Soichiro ini datang membawa N600 untuk pasar AS.

N600 merupakan mobil hatchback mungil atau yang di Jepang disebut sebagai kei car. Demi memperingati sejarah, Honda lantas merestorasi unit perdana N600 dengan nomor seri 000001, demikian dilansir Leftlanenews.

Mobil ini adalah salah satu dari 50 unit pertama yang diimpor ke AS sebagai barang contoh dari Honda Automobiles. Dari sekian banyak mobil yang dibawa, hanya tiga yang masih tersisa hingga saat ini.

Di negara asalnya, N-Series hanya didukung mesin 360 cc sesuai dengan regulasi saat itu. Honda lantas meningkatkan kapasitas jadi 600 cc dua silinder berpendingin udara karena pasar AS tidak memiliki batasan kapasitas mesin.

Mobil ini berhasil ditemukan seorang ahli bernama Tim Mings di California Selatan. Ia telah mendapatkan N600 sejak 10 tahun yang lalu tanpa mengetahui bila ini adalah unit pertama yang dibawa Honda ke AS.

Ia baru mengetahui VIN Number saat mengikis kotoran yang menempel. Mings sendiri telah melakukan restorasi khusus N600 selama 20 tahun dan menyebut proyek kali ini jadi yang terpenting. Saat mobil ini selesai, Mings akan menyerahkan sebagai koleksi Honda Amerika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.