Sukses

Reinkarnasi Mobil Tua Jaguar Seharga Rp 18,73 M

Jaguar XKSS ini merupakan versi jalanan dari mobil balap D-Type yang memenangkan balap ketahanan LeMans tiga tahun berturut-turut

Liputan6.com, London - Mobil klasik ikonik tak lekang pleh jaman. Inilah yang mendorong Jaguar ingin memproduksi ulang mobil sport lawasnya yaitu XKSS.

Dilansir Worldcafans, pabrikan Inggris ini akan memproduksi dalam jumlah hanya sembilan unit. Adapun spesifikasi yang diusung masih sama dengan produksi perdana pada 1957 lalu.

XKSS dibangkitkan oleh Jaguar Classic sekaligus untuk meneruskan produksi sebelumnya yang tertunda. Ini dilakukan karena saat itu pabrik Browns Lane hanya memproduksi sebanyak 16 unit dari total 25 unit yang akan direncanakan akibat kebakaran.

Seluruh mobil yang dibangun saat itu dialokasikan ke pasar Amerika Serikat. Untuk produksi kali ini pabrikan bakal menjual dengan harga fantastis, mencapai US$ 1,41 juta atau sekira Rp 18,73 miliar.

Jaguar XKSS ini merupakan versi jalanan dari mobil balap D-Type yang memenangkan balap ketahanan LeMans tiga tahun berturut-turut dari 1955-1957. Co-founder Jaguar, Sir WIlliams Lyons memutuskan 25 unit D-Type yang tersisa sebagai mobil jalanan dengan beberapa modifikasi teknis.

Mobil ini lantas didaulat sebagai supercar pertama di dunia. Desain XKSS memiliki kaca depan yang lebih tinggi serta dihilangkannya sekat antara pengemudi dan penumpang di sebelahnya. Karena tidak digunakan untuk balap, sirip yang terdapat di belakang kursi pengemudi turut dilucuti.

Roadster ini dipersenjatai mesin berkubikasi 3.442 cc dengan output 262 Tk dan torsi 353 Nm. Menurut data pabrikan, XKSS sanggup dipacu hingga 235 km/jam dan kemampuan akselerasi dari 0-100 km/jam butuh waktu 5,8 detik.

Menurut keterangan resminya, sembilan unit XKSS akan dibangun di manufaktur baru, Experimental Shop yang berlokasi di Warwick, Inggris. Adapun pengiriman bakal dilaksanakan pada awal 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.