Sukses

Mitsubishi Gagal Capai Target

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mencatatkan angka penjualan tahun lalu lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mencatatkan angka penjualan tahun lalu lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya. Hal ini tidak lain disebabkan karena masih lemahnya pasar secara keseluruhan.

"Dengan menyesal kami tidak mencapai target penjualan di awal tahun," ujar Presiden Direkur PT KTB, Hisashi Ishimaki dalam acara Media Gathering di bilangan SCBD, Jakarta, Kamis (24/3).

Tahun lalu, kendaraan penumpang Mitsubishi terjual sebanyak 20.371 unit, atau mengalami penurunan sebanyak 11,9 persen dibanding 2014. Pasar otomotif nasional sendiri turun sebesar 14 persen.

Menurutnya, hal ini disebabkan karena beberapa hal. Pertama, masih lemahnya perekonomian global, kedua karena fluktuasi nilai tukar rupiah yang juga masih lemah, serta penjualan beberapa komoditas penting yang belum maksimal.

Meski turun, Ishimaki mengatakan bahwa per segmen, penjualan Mitsubishi masih tetap cukup baik. "Meski pasar menurun, tapi segmen share tetap dipertahankan," ujarnya. Bahkan ada beberapa model yang mengalami kenaikan market share.

Mitsubishi Mirage misalnya, mengalami kenaikan market share dari 13,7 persen menjadi 17,4 persen, dengan total penjualan sebanyak 6.199 unit. Pasar kelas city car A sendiri turun sebanyak 21,7 persen menjadi 35.683 unit.

Pun dengan Mitsubishi Delica yang ada di segmen MPV high. Penjualan Delica naik hingga 7,1 persen dari 8,2 unit menjadi 420 unit, di tengah menurunnya segmen MPV high sebanyak 8,2 persen.

Dengan mempertimbangkan berbagai faktor, Mitsubishi memprediksi pasar tahun ini tidak jauh berbeda dibanding tahun lalu. "Pasar otomotif akan stagnan atau naik sedikit di atas 1 juta unit," terang Ishimaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.