Sukses

Kemenhub: Transportasi di Bandara Akan Pakai Kendaraan Listrik

Sugiharjo, Plt Dirjen Perhubungan Darat mengatakan bahwa bagaimanapun kendaraan listrik harus terus didorong untuk diproduksi massal.

Liputan6.com, Jakarta - Kendaraan listrik sedang diupayakan oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah dengan menggandeng universitas-universitas ternama. Kementerian Perhubungan sebagai pihak yang punya kepentingan pun demikian.

Menurut Sugiharjo, Plt Dirjen Perhubungan Darat, bagaimanapun kendaraan listrik harus terus didorong untuk diproduksi massal. Namun pertama-tama, harus ada uji coba dengan skala yang lebih kecil.

"Itu (kendaraan listrik) harus kita dorong. Tahap pertama kita aplikasikan untuk angkutan di bandara. Dari terminal ke pesawatnya itu dalam tiga tahun," ujarnya di sela peluncuran Vehicle Type Approval (VTA) Online di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (31/3/2016).

Di hari yang sama, Wakil Presiden Swiss, Doris Leuthard menemui Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. Salah satu poin pembicaraan mereka adalah penawaran agar Indonesia mau membeli mobil listrik khusus bandara dari negaranya.

Untuk diketahui, sejauh ini mobil yang digunakan di bandara di Indonesia masih menggunakan mesin Diesel.

Kemudian, sama dengan kendaraan lain, mobil dan motor listrik nantinya harus dites uji sebelum dapat diperdagangkan. "Pengujiannya kalau listrik itu kan spesifikasi yang berbeda hanya dari sumber tenaganya. Tapi yang lain tidak ada masalah. Rem harus sesuai, semua harus sesuai," tambahnya.

Meski begitu, ada satu catatan khusus yang diberikan Sugiharjo, yaitu soal kebisingan. "Yang jadi fokus itu listrik kan saking bagusnya tidak ada suara, itu justru bahaya. Jadi baiknya justru harus kasih bising sedikit," ungkap Sugiharjo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

Video Terkini