Sukses

Jadi Motor dengan Desain Terbaik, Yamaha R1 Masih Belum Sempurna

Sepeda motor super milik Yamaha, YZF-R1 mendapat penghargaan sebagai `The Famous Red Dot Award for Product Design 2016`.

Liputan6.com, Bonn - Sepeda motor super milik Yamaha, YZF-R1, baru saja memenangkan penghargaan sebagai `The Famous Red Dot Award for Product Design 2016` yang diberikan oleh Zentrum Nordrhein Westfalen asal Jerman.

Penghargaan ini bukanlah yang pertama. Tahun lalu, R1 juga mendapatkan penghargaan yang sama. R1 juga pernah meraih penghargaan iF Design Award 2016. Demikian seperti dilaporkan Autoevolution, Jumat (4/1/2016).

Produk Yamaha sendiri telah lima kali berturut-turut menerima penghargaan dari Zentrum Nordrhein Westfalen. Bukan hanya sepeda motor, desain terbaik juga pernah diraih perahu sport boat mereka dengan nama 242 Limited S.

Meski demikian, laman yang sama sebetulnya mengharapkan Yamaha akan menerima penghargaan atas desain R1M. Sebab, edisi spesial R1 ini lebih baik dalam hal mesin atau teknologi secara keseluruhan.

Meski dianggap punya desain terbaik, sepeda motor ini bukan tanpa cacat. Akhir Desember lalu misalnya, Yamaha menarik kembali (recall) seluruh model YZF-R1 dan YZF-R1M lansiran 2015 karena adanya potensi kerusakan pada gearbox.

Yamaha R1 pertama kali diproduksi pada 1998. Telah beragam perubahan terjadi pada sportbike ini. Meski demikian, mesin 998 cc masih tetap dipertahankan sejak dulu. Untuk model terbaru, mesin ini hasilkan tenaga 198 Tk dan torsi 112 Nm.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini