Sukses

Kursus Safety Riding Lewat Youtube

Polisi melalui salah satu instruktur keselamatan berkendaranya memberikan pelatihan safety riding melalui Youtube.

Liputan6.com, Hampshire - Banyak orang hanya sekadar berkendara. Mereka abai terhadap faktor keselamatan, misalnya bagaimana cara berkendara yang aman. Dengan latar belakang itu, tim polisi dari Hampshire, Inggris, melakukan hal unik.

Mereka, melalui salah satu instruktur keselamatan berkendaranya, memberikan pelatihan safety riding melalui Youtube menggunakan kamera GoPro. Dengan demikian, siapapun bisa menonton pelatihan ini selama punya akses internet.

Dalam video-video yang diunggah, polisi Roger Peskett selalu bercerita bagaimana bahaya mengintai mereka, serta tips-tips keselamatan yang harus dilakukan. Salah satu anjurannya adalah selalu cek spion sebelum melaju setelah lampu merah.

"Kami membuat video singkat untuk berkendara dikota yang aman dari polisi pelatih sepeda motor dan menyorot apa bahaya yang harus disadari pengendara dan bagaimana cara mengurangi risikonya," ujar Sersan Chris Appleby.

Dijelaskan, kepolisian telah mengidentifikasi tiga kelompok pengendara motor yang paling berisiko di jalanan. Mereka adalah pengendara santai, penumpang, dan pengendara. "Tapi sampai sekarang prioritas kami masih pengendara santai yang menggunakan sepeda motor bertenaga tinggi di jalanan pedesaan," tambah Appleby. 

Sejauh ini, telah ada dua video yang diterbitkan dengan nama akun OfficialHantsPolice, di samping video-video lain yang berkaitan dengan kepolisian.

Total viewers dua video itu telah mencapai 17 ribu. Respon netizen cukup positif yang ditandai dengan banyaknya `like` pada video. Bahkan, beberapa dari mereka ada yang bertanya di kolom komentar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini