Sukses

Desain Limousin Presiden Rusia Contek Rolls Royce?

Bentuk muka dan garis bodi mirip kombinasi antara Chrysler 300 dan Rolls Royce.

Liputan6.com, Moscow - Presiden Rusia Vladimir Putin akan menggunakan mobil dinas baru. Menariknya, pemerintah menggunakan mobil limousin dari merek lokal, Central Scientific Research Automobile and Automotive Engines Institute (NAMI).

Dilansir The Moscow Time, NAMI mengembangkan empat jenis kendaraan bermerek Cortege yakni limousin, sedan, SUV, dan minivan. Proyek ini dibiayai langsung oleh pemerintah dengan alokasi dana sebesar US$ 54 juta atau sekira Rp 712,79 miliar untuk tahun ini.

Batch pertama, NAMI akan melepas sebanyak 200 unit akan dikirim pada akhir 2017 dan awal 2018, termasuk di antaranya limousine kepresidenan. NAMI ditargetkan mampu memproduksi kendaraan antara 4-5 ribu unit pada 2020 mendatang.

Sebelum diserahkan secara resmi, limousine terbaru Putin telah melalui beragam pengujian selama hampir setahun terakhir. Bulan ini pengujian akan memasuki tahap uji tabrak. 

Permasalahannya, desain limousin untuk Putin dikatakan mirip mobil buatan blok barat. Dilansir Autoevolution, bentuk muka dan garis bodi mirip kombinasi antara Chrysler 300 buatan Amerika Serikat dan Rolls Royce asal Inggris.

Sayangnya, tidak dijelaskan apakah dalam pengembangan limousin tersebut insinyur NAMI memang meniru desain Chrysler dan Rolls Royce atau mendapat persetujuan dari dua pabrikan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini