Sukses

Solusi Otomotif: Akselerasi Honda Vario Loncat-loncat

Akselerasi Honda Vario terasa loncat-loncat. Apalagi ketika berkendara di bawah 20 km/jam. Apa penyebabnya?

"Saya kebetulan pengguna Vario 110 CW 2008. Kenapa ya, saat jalan di bawah 20 km/jam, motor seperti loncat-loncat. Kondisi ini tidak enak ketika berada di jalan macet. Kira-kira kenapa ya? Apakah ada masalah dengan CVT dan apakah perlu penggantian?"


- Anton, Bekasi -

Halo Anton, terima kasih atas pertanyaannya. Berikut jawaban atas keluhan tersebut:

Untuk kasus motor tersendat-sendat atau loncat -loncat, pada umumnya ada beberapa sebab, misalnya dari sistem bahan bakar. Namun apabila dari analisa awal yang telah disampaikan oleh mekanik sekitar daerah CVT, maka dapat kami sampaikan  ada bagian dalam outer clutch (Gambar 1, No: 1), kotor. Hal ini disebabkan dari kinerja weight clutch (Gambar 1, No: 5), yang berfungsi sebagai penggerak roda belakang.

Karena kotor, motor mengalami kondisi tersendat-sendat. Untuk ini perlu dilakukan pembersihan di area outer clutch setiap 8.000 km.

Salam,

Venus Adha

---

Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini