Sukses

Ragam MPV Kotak di Kasta Terendah, Mau yang Mana?

Liputan6.com, Jakarta - Tren desain kendaraan MPV di pasar Indonesia saat ini didominasi desain boxy alias kotak. beragam merek memiliki line-up MPV dengan desain bak roti tersebut.

Untuk segmen entry level alias kasta terendah, terdapat empat model, yakni Nissan Evalia, Daihatsu Luxio, Toyota Sienta, hingga Honda Freed. MPV yang bermain di segmen ini secara garis besar menawarkan fungsionalitas untuk mendukung kegiatan sehari-hari.

Berikut ini uraian singkat mengenai fitur dan harga dari masing-masing model yang berhasil dirangkum Liputan6.com:

Daihatsu Luxio

Model entry-level pertama yang memiliki gaya boxy yaitu Luxio. MPV produksi Daihatsu ini berfitur tiga baris tempat duduk.

Interior Luxio diciptakan sesuai kebutuhan pengguna akan kenyamanan dan ruang penumpang yang besar. Pada baris kedua disertakan cup holder di armrest. Selain itu, kursi di baris kedua sebelah kiri dapat dilipat dengan satu sentuhan untuk memudahkan akses penumpang keluar-masuk di baris ketiga.

Luxio memiliki dimensi panjang 4.215 mm, lebar 1.710 mm, tinggi 1.915 mm. Daihatsu memasarkan Luxio dalam tiga tipe yaitu D (MT) seharga Rp 172 juta, X (MT) seharga Rp 190,15 juta, serta X (AT) Rp 201,25 juta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Honda Freed

MPV Boxy keluaran Honda ini ini menawarkan fungsionalitas ruang. Fitur utama yang ditawarkan oleh Honda Freed yaitu pintu geser. Ini memudahkan akses keluar-masuk penumpang. Pintu geser turut dilengkapi touch sensor anti pinch function, yang berfungsi mencegah risiko terjepit.

Fitur pendukung pada Freed yaitu one step low floor, di mana memiliki ground clearance 17 mm yang memudahkan akses pada anak-anak dan lansia.

Desain kabin pada Freed dirancang dengan lantai kabin dan atap untuk memberikan kesan luas. Secara dimensi, Honda Freed panjang 4.215 mm, lebar 1.700 mm, dan tinggi 1.740 mm.

Honda Freed untuk wilayah Jakarta dipasarkan Rp 229,9 juta (tipe A), Rp 272,3 juta (tipe S) sampai 294,3 juta (tipe E).

Nissan Evalia

Nissan India menghentikan penjualan MPV ini adalah karena jualannya yang tidak membanggakan.

MPV boxy lainnya yang mengisi segmen adalah Nissan Evalia. Mobil ini menawarkan kabin lega serta pintu geser yang memudahkan akses penumpang.

Pintu samping pada Evalia juga memiliki dimensi yang lebar yaitu 117 cm X 66,8 cm. Dikatakan, mobil ini menawarkan akses keluar-masuk yang mudah, meskipun di parkiran yang sempit. Kursi pada Evalia bisa dilipat sesuai kebutuhan.

Nissan Evalia memiliki dimensi panjang 4.400 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.850 mm. Nissan memasarkan Evalia mulai dari Rp 177,75 juta untuk tipe S Option hingga termahal Rp 220,3 juta tipe XV (AT).

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Toyota Sienta

Inilah produk terbaru dari Toyota yang menyita perhatian di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016. Indonesia jadi negara kedua yang memasarkan Sienta setelah Jepang.

Dipersiapkan sebagai penantang Honda Freed, Sienta memiliki kapasitas angkut tiga baris penumpang.

Di sektor jantung mekanis, Sienta menggendong mesin dual VVT-i 1,5 liter yang semburkan tenaga 107 Tk dan torsi 14,6 Nm. Mesin ini disandingkan dengan transmisi otomatis 7 percepatan atau manual 6 percepatan.

Toyota Sienta memiliki dimensi panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm, tinggi 1.695 mm. Sienta Dipasarkan dalam empat tipe yakni E, G, V, dan Q.

Berikut ini masing-masing harga lengkapnya:

- Sienta E MT: Rp 230 juta
- Sienta E CVT: Rp 245 juta
- Sienta G MT: Rp 245 juta
- Sienta G CVT: Rp 260 juta
- Sienta V MT: Rp 260 juta
- Sienta V CVT: Rp 275 juta
- Sienta Q CVT: Rp 295 juta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini