Sukses

Parkir Mobil Berbodi Bongsor Lebih Sulit, Ini Tipsnya

Parkir mobil berukuran besar akan merepotkan bagi pengemudi pemula.

Liputan6.com, Jakarta - Mengendarai mobil berdimensi besar memang perlu keterampilan khusus. Apalagi untuk urusan memarkirkannya. Heri Wahyudi, Instruktur Rifat Drive Labs ada tips mudah bagaimana memarkirkan mobil jenis ini. 

Menurut dia, pastikan ruang parkir mencukupi. Kemudian cara yang paling mudah adalah memarkirkan mobil bongsor sebaiknya mundur.

"Dalam parkir yang benar, amannya itu pertama kita scan area parkiran, kira-kira apakah muat atau tidak," jelas Heri kepada Liputan6.com.

Selama ini, Heri melihat banyak pengendara yang salah kaprah. Di mana, mereka tidak memilih mundur saat parkir.  Padahal, parkir dengan bagian muka mobil yang masuk lebih dahulu tidak aman.

"Kebanyakan para pengguna kendaraan roda empat ketika parkir yang penting gampang masuknya, enggak memikirkan kapan harus keluar secara safety. Jadi usahakan parkirnya mundur, gerakan awalnya harus maju. supaya hanya menghadapi benda yg bergerak saja dan pandangannya jauh lebih luas," tuturnya.

Heri menyebut, kendaraan yang keluar parkir dengan cara mundur memiliki risiko lebih tinggi. Ini disebabkan karena pandangan yang jauh lebih terbatas.

"Keluar parkir dengan gerakan awal mundur saja pandangan sangat terbatas, terlebih dengan kondisi mobil yangg tinggi mempunyai blind spot yang besar. Pada kenyataannya, banyak kasus parkir mundur terjadi kecelakaan, ketabrak dan sebagainya," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini