Sukses

Mobil Esemka Produksi Pertama Akan Mengaspal Agustus

PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) informasikan Esemka bakal dijual pada Agustus 2016.

Liputan6.com, Cibubur Setelah sekian lama menjadi wacana, PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH), perusahaan gabungan antara PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL) dan PT. Solo Manufaktur Kreasi (SMK) memastikan akan memasarkan mobil Esemka Agustus ini.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Hosea Sanjaya, Managing Director PT ACEH. "Juni semoga sudah bisa diperkenalkan. Juli akan kita tes ke mana-mana. Moga-moga Agustus
sudah bisa dipasarkan," ujarnya diMotorave MandiriTower,Cibubur, Senin (11/4/2016).

Sejauh ini, mobil Esemka, ujar Hosea, telah diuji di luar negeri. "Tapi di Indonesia sendiri belum uji jalan," tambahnya.

Menurut Hosea, sejauh ini mobil Esemka telah mengantongi izin prinsipal dengan nama PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK). Mobil Esemka nantinya akan diproduksi di dua pabrik mereka, di Boyolali sebagai pabrik perakitan dan Cileungsi sebagai basis industri.

Menariknya, mobil pertama yang akan diproduksi Esemka bukanlah mobil penumpang, tetapi mobil komersil. "Esemka harus punya produk yang segmennya lengkap. Strategi masuk awalnya kita fokus ke mobil komersil untuk wilayah pedesaan," tambahnya.

Produksi mobil komersil sebetulnya sejalan dengan keinginan Kementerian Perindustrian. Beberapa waktu yang lalu, Menperin Saleh Husin mengatakan bahwa mobil Esemka lebih cocok untuk mobil komersil. Sebab,  jika langsung 'bermain' di mobil penumpang, merek ini dirasa akan sulit bersaing dengan merek-merek tradisional.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.