Sukses

Mobil Esemka Pakai Komponen Tiongkok

Esemka diisukan akan mengambil keuntungan bekerja sama dengan Proton (Malaysia) dan Geely (Tiongkok).

Liputan6.com, Jakarta Mobil Esemka yang akan diproduksi PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH) akan menggunakan konsep OEM (original equipment manufacturer). Dengan konsep ini, tidak semua komponen kendaraan diproduksi sendiri.

"Pada dasarnya produksi mobil Esemka itu OEM. Itu lebih optimal, tidak ada perusahaan mobil berproduksi sendiri," ujar Hosea Sanjaya, Managing Director PT ACEH, di Motorave Mandiri Tower, Cibubur, Senin (11/4/2016).

Esemka diisukan akan mengambil keuntungan karena bekerja sama dengan Proton (Malaysia) dan Geely (Tiongkok).

Sementara itu, Hosea memastikan bahwa model kendaraan penumpang Esemka akan memanfaatkan teknologi Geely. Mobil itu diproduksi di fasilitas milik Geely yang berlokasi di Cileungsi, Jawa Barat.

Selain itu, Esemka, ucapnya, akan memanfaatkan produsen komponen dalam negeri. "Kandungan lokal akan terus naik di dalam mobil Esemka. Dari mulai kaca, jok, dan lain-lain," ujar Hosea, yang juga merupakan Presiden Direktur PT Geely Mobil Indonesia (GMI).

Sejauh ini, ia mengklaim seluruh komponen mobil Esemka telah diproduksi secara lokal, kecuali dua komponen utama. "Yang sampai saat ini tidak bisa produksi sendiri adalah bodi dan transmisi yang satu set dengan mesin," kata Hosea.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.