Sukses

Mobil Diesel Haram Masuk Jerman

Pemerintah Jerman akan melarang peredaran mesin diesel di bawah standar Euro 6.

Liputan6.com, Berlin - Mesin Diesel menjadi salah satu penyumbang polusi udara dengan jumlah yang signifikan. Atas dasar itu, otoritas Jerman tengah menggodok payung hukum untuk melarang peredaran mobil bermesin Diesel di sejumlah kota.

Menurut Wakil Menteri Lingkungan Jerman Jochen Flasbarth, pemerintah akan membuat aturan yang jelas untuk para walikota berikut dewan legislatif terkait pelarangan mobil Diesel keluaran lama.

Aturan ini sengaja dibuat karena Flashbarth menemukan banyak pemilik kendaraan yang melanggar standar emisi Uni Eropa. Demikian dilansir dari Worldcarfans

Dikatakan, pelarangan ini juga didasarkan pada kasus Volkswagen yang sengaja memasang piranti khusus untuk memanipulasi hasil uji emisi. Kabarnya, Kanselir Jerman Angela Merkel akan meneken aturan larangan mesin Diesel tua pada tahun ini.

Adapun, aturan tersebut bakal melarang kendaraan Diesel yang gagal lulus uji Euro 6 dengan tingkat emisi NOx hingga 80 miligram per kilometer. Yang menarik, dalam pengujian pada tahun 2015, hanya 33 persen mobil Diesel yang lulus emisi.

Data asosiasi industri VDA, ada sekira 50 persen dari 3 juta kendaraan yang terjual di Jerman menggunakan Diesel.

Sebanyak 74 persen mobil BMW yang terjual di sana merupakan varian Diesel. Begitu pula Audi yang 67 persen mobil yang diserap pasar berbahan bakar solar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini