Sukses

Populasi Suzuki Swift Capai 5 Juta Unit

Populasi Suzuki Swift di dunia telah mencapai lima juta unit.

Liputan6.com, Hamamatsu - Suzuki Motor Corp kembali memperoleh rekor baru untuk salah satu mobilnya. Baru-baru ini, Suzuki Swift yang merupakan hatchback paling populer di India mencatatkan angka penjualan sebanyak lima juta unit.

Sebelum mencapai angka lima juta unit, Swift telah terjual sebanyak empat juta unit pada Agustus 2014, tiga juta unit pada Januari 2013, dua juta unit pada Januari 2011, dan satu juta unit pada Juni 2008.

Tak heran mobil ini paling populer di India. Sebab, sebagaimana dilaporkan Financial Express, 54 persen penjualan Swift atau sekira 2,7 juta unit terjadi di negara itu.

Sementara itu, 17 persen penjualan Swift terjadi di Eropa, 10 persen di Jepang, dan 19 persen di ratusan negara lainnya, termasuk Malaysia dan Indonesia.

Saat ini, Suzuki Swift diproduksi di tujuh negara, termasuk India, Jepang, Hungaria, Tiongkok, dan Thailand. Hungaria menjadi negeri pertama yang memproduksi Swift di luar Jepang, baru setelahnya India pada Mei 2005, dan Tiongkok pada Juni 2005.

Untuk pasar global, Suzuki Swift dilengkapi dengan mesin bensin VVT 1,2 liter dengan dua varian, standar dan DualJet. Untuk pasar Eropa, Swift dilengkapi dengan versi sport dan penggerak empat roda (4WD).

Di Indonesia, mobil ini diimpor utuh (CBU) dari Jepang pada 2005. Baru setahun setelahnya Suzuki Indomobil Sales (SIS) memproduksinya sendiri di Bekasi, Jawa Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.