Sukses

Toyota Kenalkan Sedan Hibrida Baru

Liputan6.com, Tokyo: Toyota Motor Corp., memperkenalkan sedan mewah baru hibrida bernama "Sai", Selasa (20/10). Ini merupakan mobil hibrida kedua keluaran Toyota setelah Prius. Tujuannya mempertahankan posisi Toyota sebagai tonggak utama dalam produksi kendaraan ramah lingkungan.

Sai yang hanya akan dijual di Jepang sejak 7 Desember mendatang adalah sedan kompak bermesin 2,4 liter dan hemat bahan bakar hingga per liter bisa menempuh jarak sejauh 23 kilometer. Sedikit lebih boros dibandingkan generasi ketiga Prius yang bisa menempuh 38 kilometer untuk satu liter.

"Jika tidak membawa mesin hibrida, sedan ukuran ini akan membutuhkan bahan bakar dua kali lebih banyak," kata Shigeru Nakagawa, manajer proyek Toyota seperti dilansir ANTARA. Sai akan dilabeli harga mulai dari 3,38 juta yen atau sekitar 37.225 dolar AS. Lebih mahal dibandingkan Prius yang dijual 2,05 juta yen.

Toyota menargetkan penjualan Sai sebanyak 3.000 kendaraan selama sebulan. Perusahaan itu menjual 31.758 Prius pada September lalu. Meningkatnya penjualan dibantu penangguhan pajak dari pemerintah dan subsidi untuk kendaraan yang hemat bahan bakar. Toyota adalah produsen otomotif terbesar di dunia yang mempelopori mobilĀ  yang dijalankan dengan kombinasi bensin dan listrik. Permintaan mobil ramah lingkungan ini pun melonjak karena adanya kekhawatiran tentang pemanasan global.

Bulan lalu penjualan mobil hibrida Toyota yang diluncurkan sejak 1997 di seluruh dunia mencapai puncaknya sebesar dua juta unit. Perusahaan ini juga menjual sedan Lexus yang hanya tersedia dalam bentuk hibrida.(AYB)
    Artikel Selanjutnya
    Honda CR-V Hybrid Siap Mengaspal, Seberapa Canggih?
    Artikel Selanjutnya
    Jelang Peluncuran, Suzuki Swift Sport 2018 Goda Publik