Sukses

Membandingkan Kualitas Bio Solar, Dexlite, dan Pertamina Dex

Dexlite akan berada di antara Bio Solar dan Pertamina Dex. Dari sisi spesifikasi, varian solar baru ini memiliki kualitas yang lebih baik.

Liputan6.com, Jakarta - PT Pertamina (Persero) akan meniagakan solar varian baru yang dilabeli Dexlite. Bahan bakar untuk kendaraan Diesel ini mulai didistribusikan pertengahan April 2016.

Dexlite akan berada di antara Bio Solar dan Pertamina Dex. Dari sisi spesifikasi, varian solar baru ini tentu saja memiliki kualitas yang lebih baik.

Ya, solar baru Pertamina ini memiliki cetane number minimal 51 dengan kandungan sulfur minimal 1.200 part per milion (ppm). Secara kualitas, Dexlite lebih bagus dari Bio Solar yang menjadi varian terendah solar Pertamina yang punya cetane number 48 dengan kandungan sulfur 3.500 ppm.

Kendati demikian, Dexlite kualitasnnya masih di bahwa Pertamian Dex yang punya cetane number  53 dengan kandungan sulfur di bawah 300 ppm.

Vice President Fuel Retail Marketing Pertamina Afandi mengatakan Dexlite membuat konsumsi BBM kendaraan lebih baik. "Lebih irit dibandingkan solar subsidi, (tiap) mobil itu ada spek bahan bakarnya," ucapnya.

Sementara itu, Dexlite bakal dipasarkan dengan harga Rp 6.000-Rp 7.000. Sebagai perbandingan Bio Solar Rp 6.950 dan Pertamina Dex Rp 8.400.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dexlite adalah varian bahan bakar diesel yang memiliki angka Cetane minimal 51.

    Dexlite

  • Pertamina merupakan salah satu perusahaan BUMN yang bertugas mengelola pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia.

    Pertamina