Sukses

Pembalap-pembalap Asia yang Pernah Berlaga di Formula 1

Selain Rio Haryanto, berikut adalah beberapa pembalap Asia yang pernah berlaga di ajang balap utama Formula 1.

Liputan6.com, Jakarta - Mulai tahun ini, ajang balap Formula 1 kedatangan pembalap asal Indonesia, Rio Haryanto. Ia, bersama Pascal Wehrlein, tergabung dalam tim Manor Racing. Sejauh ini, keduanya memang belum mendapat poin sama sekali.

Kehadiran pembalap asal Indonesia memang baru pertama kali. Sementara pembalap asal Asia pun masih bisa dihitung jari. Tercatat, menurut laman Foxsports Asia, setidaknya tak lebih dari 10 pembalap F1 asal Asia yang pernah berlaga.

Siapa saja mereka? Bagaimana prestasinya? Berikut enam di antaranya:

Satoru Nakajima

Lahir pada 1953, Satoru Nakajima memulai debut Formula 1 pada 1987 di tim Lotus. Saat itu, ia telah berusia 34 tahun. Ia hanya bertahan selama tiga tahun di Lotus, Sebelum akhirnya pindah ke tim Tyrrell.

Capaian terbaiknya selama balap F1 adalah menempati posisi keempat dua kali, di Sirkuit Silverstone pada 1987 dan Adelaide Street Circuit, dua tahun setelahnya. Nakajima kemudian memutuskan pensiun pada 1991.

Aguri Suzuki

Aguri Suzuki bisa dibilang merupakan pembalap Formula 1 asal Jepang yang paling sukses. Ia berkarir sejak 1988 hingga 1995. Sepanjang itu, ia berganti tim sebanyak lima kali, Larrousse, Zakspeed, Footwork, Jordan, dan Ligier.

Pernah gagal di pra kualifikasi untuk balapan tunggal pada 1989, prestasi Suzuki yang paling membanggakan adalah menduduki podium di tanah kelahirannya sendiri pada 1990. Saat itu, banyak tabrakan terjadi, dan untungnya Suzuki tak termasuk di dalamnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Next

Narain Karthikeyan

Narain Karthikeyan adalah pembalap Formula 1 pertama asal India. Ia lahir pada 1977, dan melakukan debut pada 2005 untuk tim balap Jordan. Ia kemudian pindah ke tim Williams sebagai test driver, dan kemudian menjadi pembalap keempat di tim yang sama.

Pada 2012, ia pindah ke tim HRT. Sayang, sepanjang karirnya, ia tak punya prestasi membanggakan. Prestasi terbaiknya adalah finish di posisi keempat di Indianapolis di musim balap 2005.  

Alex Yoong

Alex Yoong adalah pembalap Formula 1 asal Malaysia. Ia adalah orang Malaysia pertama yang mampu menembus F1, bersama dengan tim Minardi. Sebelum di F1, beberapa ajang balap yang pernah diikutinya adalah Formula Renault, Formula 3000, dan Formula Nippon.

Yoong berkarir di F1 hanya dua tahun, antara 2001 hingga 2002. Ia tak meraih gelar apapun sepanjang karir F1-nya. Namun, pasca pensiun, ia mulai bersinar di ajang balap lain, CART World Series. Ia juga meniti karir di A1 Grand Prix.

3 dari 3 halaman

Next

Takuma Sato

Pembalap Jepang lain yang pernah berkarir di Formula 1 adalah Takuma Sato. Pria yang punya gaya balap agresif ini memulai karirnya pada 2002, sampai 2008.

Ia pernah berada di tim Jordan, BAR, dan Super Aguri. Capaian terbaiknya ada di musim balap 2004. Saat itu, ia meraih posisi tiga di Indianapolis.

Kamui Kobayashi

Pembalap Jepang lainnya yang pernah berkarir di Formula 1 adalah Kamui Kobayashi. Ia memulai debut pada 2009, dan terus berlaga dalam lima tahun. Pria ini dikenal sebagai pribadi yang tempramental.

Kobayashi berada di posisi 10 besar Grand Prix 2012 seri Jepang. Saat itu, pembalap top seperti Michael Schumacher, Jenson Button, dan Nico Hülkenberg dihukum. Meski masih berusia muda, ia tak pernah lagi terlihat ikut kompetisi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini