Sukses

Nyuci Mobil di Pagi Hari Bisa Kena Denda

Larangan mencuci mobil berlaku mulai pukul 05.30-08.30 waktu setempat.

Liputan6.com, Chandigarh - Aktivitas mencuci kendaraan pada umumnya dilakukan pada pagi hari. Namun di negara bagian Chandigarh, India, pemilik mobil dilarang nyuci di waktu tersebut.

Dilansir Shiftinggears, otoritas setempat akan menjatuhi denda 2 ribu rupee atau sekira Rp 395 ribu bagi yang melanggar. Larangan ini berlaku dari pukul 05.30-08.30 pagi.

Selain dilarang mencuci mobil, para warga juga dilarang menyiram tanaman. Sejumlah 18 tim dari perusahaan air minum Municipal Corporation (MC) of Chandigarh diterjunkan dan akan berkeliling ke penjuru kota memastikan bila air tidak terbuang percuma.

Alasan di balik larangan ini karena mengalami kekeringan terburuk sepanjang sejarah. Negara bagian lain di India bahkan sampai turun tangan membantu masalah defisit air.

Pemborosan air juga terjadi di Kota Haryana, di mana setiap harinya 'kebocoran' mencapai 20 juta galon. Jumlah tersebut bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan 48 ribu rumah di seluruh kota.

Pemerintah tidak memiliki kebijakan untuk mengolah kembali air limbah yang telah terbuang menjadi air bersih. Otoritas berwenang hanya meminta warganya berusaha menekan semaksimal mungkin penggunaan air untuk hal-hal yang kurang penting.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.