Sukses

Jeep Willys Sisa Perang Dunia II Dipermak

Jeep Willys sisa Perang Dunia II akan dipermak dan dilelang. Siapa minat?

Liputan6.com, Ohio - Jeep Willys jadi ikon saat Perang Dunia II meletus. Kendaraan ini jadi andalan tentara Amerika Serikat (AS) karena terbukti tangguh melahap berbagai medan.

Desain awal Willys diciptakan oleh Karl Probst di bawah kontrak American Bantam Company. Mobil ini mulai diproduksi pada 20 Mei 1942 oleh Ford Motor Company dan yang terbanyak oleh Willys-Overland dari Toledo, Ohio karena pihak ABC kesulitan memenuhi jumlah produksi yang diminta AS.

Willys mengusung mesin M38A1 empat silinder 60 Tk dengan transmisi manual tiga percepatan dan dua percepatan transfercase belakang. Dari sekian banyak Willys produksi awal, ada satu unit yang tersisa.

Dilansir Carscoops, Jeep Willys ini hadir dengan kondisi lengkap, termasuk perlengkapan pendukung seperti ban serep, jerigen, serta lampu sorot. Meski demikian, kondisi Jeep Willys peninggalan perang tersebut interiornya telah usang dengan cat masih bawaan pabrik.

Direstorasi

Jeep Willys ini akan direstorasi total ke kondisi semula. Kemudian, mobil bakal dilelang melalui RMSothebys di Monaco pada 14 Mei. Tidak diketahui bereapa harga minimum untuk mobil perang andalan tentara AS tersebut.

Sebagai informasi, sebuah Jeep Willys yang pernah digunakan oleh Dwight Eisenhower ditawarkan seharga US$ 750 ribu atau sekitar Rp 9,83 miliar pada 2014. Eissenhower merupakan presiden Amerika Serikat ke-34 sekaligus panglima tertinggi pasukan sekutu di Eropa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.