Sukses

Honda Punya Solusi Perakitan Baru di Thailand

Honda Motor mengembangkan jalur perakitan mobil baru yang diberi Assembly Revolution Cell atau ARC production line di Thailand.

Liputan6.com, Prachinburi - Honda mengembangkan jalur perakitan mobil baru yang diberi nama Assembly Revolution Cell atau ARC production line. Lini produksi baru ini terdapat di Prachinburi Plant, Thailand, dan mulai berproduksi bulan lalu.

Menurut laman World Honda, diakses Jumat (22/4/2016), ACR production line berbeda dengan sistem lini produksi konvensional. Dijelaskan, lini produksi ARC menggunakan apa yang disebut dengan flowing cell ke jalur perakitan utama.

Dalam perakitan konvensional, masing-masing bagian kendaraan dibuat terpisah, dan kemudian diinstal ke rangka kendaraan yang `mengalir` dengan konveyor. Di tiap titik pekerja harus memasangkan part yang menjadi tugasnya.

Sementara dalam ACR, konveyor tak hanya membawa rangka kendaraan, tapi juga part. Jadi, perbedaan paling signifikan adalah pada isi konveyor. Sementara perakitan konvensional hanya rangka kendaraan yang ada di konveyor, di sistem ACR semuanya ada dalam satu tempat.

Part yang harus dipasang terdapat di empat sudut mobil. Jadi, dalam satu titik konveyor, terdapat satu rangka mobil, serta empat paket part.

Dijelaskan, cara kerja baru ini punya beberapa keuntungan. Salah satunya adalah meminimalisir kesalahan. Sebab, pekerja tak perlu memikikirkan rangka selanjutnya, sementara ia masih mengerjakan rangka lain.

Bagi pekerja sendiri, ARC dapat memperluas pengetahuan mereka karena tak hanya memasang satu komponen saja.

Lini produksi baru ini juga dapat meningkatkan efisiensi produksi. Pada akhirnya, ujar Honda, produk yang dihasilkan tetap berkualitas tinggi, tapi dengan waktu produksi yang lebih cepat serta harga yang lebih murah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini