Sukses

Nih, Cara Mudah Basmi Karat di Knalpot Sepeda Motor

Seiring umur knalpot menjadi komponen yang rentan berkarat. Lalu bagaimana cara menghilangkan karat tersebut?

Liputan6.com, Depok - Seiring umur knalpot menjadi komponen yang rentan berkarat. Ini tak lepas lantaran kurang mendapat perawatan yang baik.

Meskipun biasanya karat berada di tempat yang tidak terlalu terlihat, seperti di leher knalpot, tetap saja hal tersebut mengganggu penampilan motor. Lalu bagaimana cara menghilangkan karat tersebut?

Menurut Opi, pemilik toko sparepart motor Ex PSM, cara membersihkan karat pada knalpot cukup mudah. Alat yang dibutuhkan hanyalah sabun serta sikat kawat.

"Pertama-tama, siram dengan air, lalu oleskan sabun, setelah itu barulah rontokkan karat dengan sikat kawat," ujar Opi, di Depok.

Di salah satu situs jual beli online, sikat kawat bermerek Krisbow bisa diperoleh dengan mengeluarkan kocek sebesar Rp 60 ribu saja.

Opi mengatakan, sabun apapun sebetulnya bisa digunakan, misalnya sabun colek. Beberapa sumber menyebutkan bahwa porstex (cairan pembersih keramik) dan Pertamax Plus juga bisa digunakan.

Knalpot yang ingin dibersihkan juga tidak perlu dicopot. "Letaknya mudah dijangkau, jadi bisa dibersihkan tanpa dicopot dulu," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini