Sukses

Duplikat Motor Sport Yamaha Muncul di China, Kali Ini R25

Liputan6.com, Beijing - Yamaha sukses menjadikan R3 atau yang di Indonesia dipasarkan sebagai R25 jadi idola baru di segmen sport fairing entry level. Keberhasilan tersebut ternyata membuat R3 juga hadir dalam versi tiruan hasil karya manufaktur lokal Cina.

Dilansir Motorbeam, kembaran Yamaha R3 itu dinamai Xgjao XGJ350 yang secara visual sangat mirip dengan aslinya. Motor sport fairing ini merupakan karya dari Chongqing XGJAO Motorcycle Manufacture Co.

Perusahaan ini telah lama dikenal sebagai peniru model global untuk dipasarkan secara domestik. Sebelum R3, Chongqing XGJAO telah menciptkan kloningan dari KTM Duke 200 yang dinamai XGJ200.

Perbedaan mencolok antara R3 dan XGJ350 yaitu terdapat pada bagian knalpot di mana versi tiruan menggunakan empat muffler yang masing-masing terdapat sepasang di tiap sisinya.

Adapun mesin yang digunakan pada XGJ350 juga berbeda karena motor sport ini. XGJ350 didukung mesin 350 cc yang tidak diketahui secara pasti konfigurasinya. Sementara itu, Yamaha R3 menggunakan mesin DOHC 321 cc dua silinder berpendingin cairan.

Untungnya, tiruan R3 ini tidak dipasarkan hingga ke luar negeri. Pabrikan tersebut tentu akan menghadapi masalah hak cipta dari Yamaha karena telah meniru desain mentah-mentah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.