Sukses

Solusi Otomotif: Honda Spacy Bergetar Saat Idle

Hallo Otomotif Liputan6.com, Honda Spacy karburator tahun 2012 saya pada keadaan iddle bergetar di stangnya, tarikan motor juga seperti tertahan di putaran bawah dan atas, dan begitu dibawa jalan getaran tambah terasa di stang dan jok.

Tidak ada bunyi aneh di area CVT, sudah coba servis karbu, ganti per CVT, belt serta roller baru. Odometer baru 21.000 KM, oli mesin dan oli transmisi juga sudah diganti, tapi tetap tarikannya sangat tertahan dan begetar, sangat susah untuk lancar seperti biasanya, jadi sangat tidak nyaman. Kira-kira kenapa ya dan apa solusinya? -Rahmat Sofyan-


Jawaban:

  1. Untuk keluhan getar, ada beberapa sebab motor Spacy Anda bergetar pada bagian stangnya dan jok. Yang perlu dipastikan dan harus dilakukan pengecekan adalah setelan stasioner  RPM (RPM standar Spacy 1700 +/- 100).  Apabila RPM terlalu tinggi akan menimbulkan getaran.

    Jika hal ini telah dilakukan dan masih ada getaran. Coba dilakukan pemeriksaan dan pengencangan baut dan mur pada cover-cover, baut stang dan baut pengikat mesin.

  2. Keluhan tarikan getar dan tertahan di putaran bawah dan atas, kemungkinan Weight Set (kanvas kopling, gambar 1) sudah tipis/aus. Ukur ketebalan lapisan kanvas kopling, jika kurang dari 2 mm, harus dilakukan penggantian. Kemudian cek dan ukur Outer Clutch (rumah kopling, gambar 2), jika ukuran diameter dalam lebih besar dari 112,5 mm lakukan penggantian.

Salam,
Venus Adha

--
Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung Venus Adha, Head of Technical Training and Quality Assurance Development Wahana Makmur Sejati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini