Sukses

Hasil Investigasi Internal Mitsubishi Keluar Tiga Bulan Lagi

Liputan6.com, Jakarta - Kasus manipulasi Mitsubishi Motors Corp (MMC) memasuki babak baru. Menteri Transportasi Jepang meminta MMC untuk mengumumkan hasil investigasi internal mereka pada 11 Mei.

Selain untuk Menteri Transportasi, MMC juga melakukan investigasi terhadap seluruh model yang diproduksi Mitsubishi secara global. Ini dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab mereka terhadap konsumen di seluruh dunia.

"Kami juga membuat tim investigasi lain yang tugasnya menganalisa model global. Termasuk model di Indonesia," ujar Hisashi Ishimaki, Presiden Direktur PT Kramayudha Tiga Berlian Motors (KTB), Agen Pemegang Merek (APM) Mitsubishi di Indonesia, di Jakarta, Jumat (29/4/2016).

Menurut Hisashi, saat ini investigasi tersebut sudah berjalan dan tak ada anggota tim investigasi yang berasal dari Indonesia. Anggota tim berasal dari berbagai kalangan independen seperti advokat. Dikatakan, mereka telah terbiasa melakukan kerja seperti itu.

Hasil investigasi ini ditargetkan keluar sekira tiga bulan dari sekarang. "Final report akan hadir dari investigasi ini tiga bulan lagi," tambah Hisashi.

Sebelumnya, Tetsuro Aikawa selaku Presiden MMC pada konferensi pers pertama mengatakan bahwa mereka siap memberikan kompensasi jika hasil investigasi membuktikan bahwa konsumen merugi.

"Tapi," tambah Ishimaki, "bentuk kompensasinya belum dijelaskan. Akan memberikan ganti rugi yang didasarkan pada harga bahan bakar. Kami belum tahu berapa banyak kompensasinya akan diberi," tutup Ishimaki.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.