Sukses

Solusi Otomotif: Penyebab Kaca Mobil Berembun

Kaca mobil tertutup embun meskipun cuaca tidak hujan. Ini sangat mengganggu visibilitas berkendara malam hari. Kenapa bisa demikian?

Saya pengguna Fortuner G matik tahun 2014. Yang mau saya tanyakan adalah kenapa kaca selalu berembun pada malam hari, padahal cuaca tidak hujan. Kenapa bisa demikian? Mohon solusinya - Alis Ampriyani-

Jawaban:

Kalau melihat tahun pembuatannya Fortuner 2014 sistim AC pada kendaraan dalam kondisi sangat baik dan dingin. Kaca berembun  bisa terjadi apabila ada perbedaan suhu udara  pada bagian sisi kaca dalam dingin kemudian sisi luar kaca bersuhu normal (udara luar). Secara alami akan terjadi proses pengembunan.

Contoh yang paling mudah kita lihat pada sebuah gelas kosong kemudian kita tuangkan air dingin, bagian sisi luar gelas akan mengalami proses pengembunan secara alamiah.

Nah, pada Fortuner Pak Alis coba periksa display AC:

1. Posisi pengaturan arah udara AC menuju kemana (arah atas, arah kaki, arah atas & kaki, atau ke arah kaca). Hal ini akan mempengaruhi proses pengembunan tersebut .

2. Periksa pada bagian kaca yang sering mengembun, apakah ada udara AC mengarah ke sisi kaca bagian dalam tersebut. Bila ada, ini yang membuat proses pengembunan terjadi.

Setelah dilakukan pemeriksaan dua hal di atas dan dirasakan ada kebocoran, segera ke bengkel AC untuk dilakukan perbaikan dengan menutup bagian yang bocor tersebut. Semoga penjelasan ini bisa membantu dan menyelesaikan masalah kaca berembun Pak Alis .

Terima Kasih

H Agus Mustafa
--
Bagi Anda yang ingin mengirimkan pertanyaan, silakan kirim ke email: otoliputan6@gmail.com dengan format sebagai berikut:

Subject : SOLUSI OTOMOTIF
Nama :
Usia:
Lokasi :
Pertanyaan :

Hanya pertanyaan terpilih yang akan kami tayangkan. Pertanyaan akan dijawab langsung oleh technical support Auto2000 Agus Mustafa.

Pria yang karib disapa `Pak Haji` ini sudah 26 tahun berkarir di Auto2000.  Saat ini ia berada di divisi National Technical Support Head Office.

Selama berkarir ia pernah menyabet juara 1 di ajang `National Toyota Technicians Skills Contest` dan menjadi wakil Toyota Indonesia di ajang 7th Asian Technicians Skills Grand Prix di Roc, Taiwan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.