Sukses

Alasan Bagian Depan Mobil Dibuat 'Empuk'

.Bagian ini sengaja dibuat lunak demi meningkatkan keselamatan si pengemudi dan penumpangnya.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkan Anda melihat mobil yang penyok karena kecelakaan, terutama di bagian depan seperti kompartemen mesin? Mungkin ada yang berpikir, mengapa bagian tersebut begitu mudah penyok. Apalagi, banyak kasus dimana bumper juga penyok hanya karena sedikit menyerempet objek keras.

Tahukah Anda, sebetulnya hal tersebut bukanlah kelemahan sebuah kendaraan. Justru, bagian ini sengaja dibuat lunak demi meningkatkan keselamatan si pengemudi dan penumpangnya.

"Kalau untuk faktor safety saat tabrakan, area depan memang dibuat lunak agar bisa menyerap benturan," ujar Iwan Abdurahman dari Department Technical Service Division PT Toyota Astra Motor (TAM) kepada Liputan6.com.

Iwan menambahkan, cara agar benturan teredam biasanya adalah dengan membuat lekukan atau lubang. "Di pelat kap mesin atau fender, dibuatkan tekukan atau lubang buat titik tekukan saat tabrakan," tambahnya.

Sementara khusus untuk bumper, biasanya bagian ini dibuat dari bahan plastik. Tujuannya sama. Plastik dapat lebih merendam benturan dibanding, misalnya, besi atau baja.

Selain itu, tujuan lainnya adalah agar bumper lebih mudah didesain. Dengan begitu, bumper dapat dibuat dengan desain yang lebih stylish.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.