Sukses

Kisah Montir Sepeda Motor yang Kaya Mendadak

Seorang mantan montir menjadi miliarder setelah nilai saham perusahaannya melonjak.

Liputan6.com, Beijing - Tidak ada yang tahu nasib seseorang. Kadang berada di atas, terkadang pula di bawah. Roda ini terus berputar seiring dengan usaha yang dilakukan, modal yang dimiliki, bahkan terkadang keberuntungan.

Salah satu contohnya adalah Li Gaiteng. pria asal Tiongkok yang pernah menjadi montir sepeda motor ini. Ia mendadak jadi miliarder setelah nilai perusahaannya melonjak di Bursa Efek Shanghai.

Dilaporkan Forbes, perusahaan yang bernama Flyco Electrical Appliance ini nilai sahamnya melonjak hingga 44 persen, pertengahan April lalu.

Li punya 88 persen saham di Flyco. Dengan gapaian positif itu, ia masuk ke dalam daftar miliarder Tiongkok.

Flyco bergerak di bidang peralatan pribadi seperti alat cukur dan pengering rambut. Perusahaan ini telah mencatatkan capaian positif sejak tahun lalu.

Pendapatan dan laba bersih perusahaan tersebut pada 2015 lalu masing-masing sebesar 2,8 miliar yuan dan 501,7 juta yuan. Jumlah ini naik 16 dan 35 persen dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya.

Sebelum sukses seperti sekarang, Li bekerja di pengelasan elektronik dan perbaikan sepeda motor dari 1993 sampai 1995. Ia kemudian beralih ke bisnis alat cukur, sebelum mendirikan perusahaan sendiri pada 1999.

Untuk diketahui, Tiongkok adalah negara yang menjelma sebagai kekuatan ekonomi kedua di dunia. Menurut 2016 Forbes Billionaires, negara ini punya miliarder terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat (AS).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini