Sukses

Motor Rongsok Bisa Laku Miliaran Rupiah, Apa Kuncinya?

Liputan6.com, Cornwall - Sebuah motor rongsok tapi sarat sejarah dan langka terjual dengan harga 331 ribu pound sterling atau setara Rp 6,3 miliar. Tidak disebutkan siapa pembelinya. Hanya ditulis bahwa ia orang Jerman.

Menyitir BBC, Senin (2/5/2016), motor yang terjual itu adalah Brough Superior 750cc BS4 lansiran 1938. Sepeda motor ini ditemukan di Cornwall, Inggris, Desember tahun lalu.

Rumah lelang yang beruntung menjual benda langka ini adalah Bonhams. Dalam penjelasannya, disebutkan motor ini adalah koleksi Broughs terakhir yang sama sekali belum pernah direstorasi.

Bukan hanya satu sepeda motor yang ditemukan, tapi hingga enam unit. Total, semuanya terjual dengan harga mencapai lebih dari 752 pound sterling.

Ben Walker, salah satu staf departemen motor Bonhams, mengatakan bahwa penemuan ini adalah penemuan sepeda motor di abad ini. "Motor-motor ini menimbulkan kegemparan di sale room," ujarnya.

Sepeda motor yang dikenal dengan sebutan Broughs of Bodmin Moore ini telah disimpan di lumbung selama 50 tahun. Saat ditemukan, motor-motor ini tertimbun dengan mesin tua dan perabotan rumah tangga lain. Debu juga sudah `menggunung`.

Motor Brough sendiri diproduksi antara 1926 hingga 1939. Sang penemu, Frank Vague, baru saja meninggal dunia tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini