Sukses

Perhatikan Hal Ini Jika Mau Liburan Pakai Sepeda Motor

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin liburan jauh menggunakan sepeda motor.

Liputan6.com, Depok - Libur akhir pekan sebentar lagi tiba. Banyak yang memilih untuk istirahat di rumah, tapi tak jarang ada yang lebih suka berlibur menggunakan kendaraan pribadi.

Salah satu moda transportasi favorit masyarakat untuk berlibur adalah sepeda motor. Lantas, adakah persiapan tertentu yang harus dilakukan sebelum menempuh perjalanan jauh itu, khususnya pada sepeda motor?

Zainul Furqon, pemilik bengkel Banewmas Motor yang terletak di Depok, Jawa Barat, mengatakan bahwa yang terpenting adalah mengecek kondisi fisik kendaraan. Kalau ada yang rusak atau tidak sesuai, baiknya diperbaiki atau diganti terlebih dulu.

"Tips untuk perjalanan jauh cukup cek kelengkapan fisik motor dan fisik si pengendara. Itu saja yang penting," ujar pria yang akran disapa Inul, kepada Liputan6.com, Selasa (3/5/2016).

Beberapa komponen yang wajib diperiksa adalah lampu, baik depan dan belakang, aki, serta rem. Pastikan komponen ini bekerja dengan baik. Lalu, jika jarak tempuh hampir mencapai batas penggantian oli, maka baiknya cairan ini juga diganti. Pastikan pula kerenggangan rantai sudah sesuai.

Sementara Isal, anggota New Vixion Lightning Family (NVLF), juga menyarankan agar bikers mengetahui dulu kondisi jalanan yang akan dilalui. Ini berkaitan dengan tekanan ban yang harus disetel.

"Perhatikan juga kondisi jalan yang akan dilalui. Biasanya kalau saya, di jalan aspal akan mengurangi tekanan ban di bawah standar normal. Ini agar ban lebih 'menggigit' ke aspal (traksi)," ujar Isal.

Jika tak mau repot, Isal menyarankan agar bikers datang ke bengkel terpercaya. "Biasanya kalau ke bengkel, saya tinggal bilang saja, untuk setting harian atau touring, cuaca panas atau hujan. Mekanik yang ahli biasanya sudah tau mesti bagaimana," terangnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.