Sukses

Gesits, Skuter Listrik Karya ITS Surabaya Berbasis Android

Gesits, skuter listrik ITS Surabaya bisa dikoneksikan ke smartphone berbasis Android.

Liputan6.com, Surabaya - Purwarupa Garansindo Electric Scooter ITS (Gesits) resmi diperkenalkan kemarin (4/4) di Surabaya. Ketua Riset Muhamad Nur Yuniarto mengatakan, teknologi pada skuter listrik ini hampir seluruhnya kecuali baterai dikuasai.

Dijelaskan, sistem kerja skuter listrik ini mengandalkan baterai lithium-ion sebagai sumber tenaga motor listrik 5 Kw. "Sekarang masih di set di bawah itu karena masih diuji dan akan dinaikkan secara bertahap," kata Nur kepada Liputan6.com.

Menyoal baterai, kata Nur, diletakkan di bawah jok. Sementara motornya berada di dekat arm. Tak seperti skuter Jepang, Gesits tak memiliki ruang kompartemen di bawah jok.

Dijelaskan, mesin 5 Kw yang disuntikkan pada Gesits diklaim Nur setara dengan motor bermesin 125 Cc.

Berbasis Android  

Yang menarik, Gesits bisa dikoneksikan ke smartphone berbasis Android. Di mana, gawai bisa dimanfaatkan sebagai pusat informasi, mulai dari memantau kecepatan hingga kapasitas baterai.



"Kami menggunakan smartphone Android untuk terobosan spedometer yang koneksinya menggunakan Bluetooth," Nur menambahkan.

Sementara itu, Gesits juga menerapkan sistem rem generatif. Sehingga ketika terjadi pengereman sistem motor akan memproduksi listrik untuk mengisi daya baterai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini