Sukses

Jangan Ditiru, Bocah SD Kendarai Yamaha R15 di Jalan Umum

Bocah yang usianya diperkirakan masih di bawah 10 tahun ini duduk di jok depan.

Liputan6.com, Brasilia - Seorang pria dengan ceroboh meminta anaknya mengendarai Yamaha R15 di jalan raya. Aksi ini makin berbahaya karena keduanya berkendara tanpa menggunakan helm.

Mereka terlihat sedang jalan-jalan santai di tepi pantai. Melalui video viral yang diunggah akun Facebook Carlos 4900 memperlihatkan bocah yang usianya diperkirakan masih di bawah 10 tahun ini duduk di jok depan diapit oleh ayahnya.

Bocah ini memegang setang untuk mengendalikan laju motor sementara ayahnya mengontrol laju dengan menginjak pedal rem karena kaki sang anak yang tidak sampai. Aksi ini sudah pasti melanggar hukum karena memperbolehkan anak di bawah umur berkendara di jalan raya serta tidak mengenakan perlengkapan keselamatan.

Aksi ini semakin gila setelah bocah tersebut hanya berkendara dengan satu tangan memegang setang sementara tangan kirinya melambai-lambai ke pengguna jalan lainnya. Situasi seperti ini tentunya sangat membahayakan bagi dirinya maupun orang lain.

Bisa saja sang ayah ingin mengeksplorasi bakat anaknya untuk jadi pembalap profesional. Namun demikian, cara ini juga keliru apabila sang ayah ingin berniat mengajarkan cara berkendara sepeda motor pada anaknya.

Dengan postur tubuh yang masih kecil, tentunya anak ini tidak cukup kuat untuk mengendalikan laju sepeda motor ketika kurang stabil. Ia bisa saja hilang keseimbangan dan terjatuh apabila motor oleng.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.